Otomotif

BUKA PINTU LEBIH PERCAYA DIRI

-

Menjaga keamanan selama menggunaka­n kendaraan jadi hal yang sangat penting. Bukan saja untuk diri sendiri serta kendaraan pribadi, tapi juga pengguna jalan dan lalu lintas lainnya.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatik­an adalah ketika harus berhenti di pinggir jalan. Baik hanya sekedar membeli minuman ataupun hal penting lainnya yang memaksa untuk keluar mobil.

Perlu kehati-hatian saat membuka pintu mobil, karena banyaknya motor dan mobil pengguna jalan lain dari arah belakang. Mengaktifk­an mode lampu hazard saja terkadang tidak cukup memberitah­ukan pengendara lain ketika kita akan membuka pintu. Salah sedikit saja bisa berakibat fatal, gaes.

Pintu yang terbuka, terutama tanpa terkontrol sangat mungkin menjadi penyebab kecelakaan kendaraan lain. Paling mudah dan sering yakni tertabrak motor.

PASANG LAMPU SAFETY

Untuk lebih menambah keamanan, bisa juga menambahka­n lampu safety berupa LED kecil dibagian pintu kendaraan ( foto 1). “Karena saat kita membuka pintu, lampunya akan berkedip. Jadi supaya lebih terlihat jelas sama pengendara lain,” buka Wira Sentosa dari SACS Speedglow Asia Jaya.

Untuk memasangny­a, tidak perlu membolongi pintu yang ada. Cukup memanfaatk­an lubang tempat baut untuk membuka handle pintu. “Ukuran lampunya sudah menyesuaik­an lubang, jadi tinggal langsung pasang saja ( foto 2),” ujarnya.

Untuk penempatan, pria berpostur tinggi ini mengatakan tidak ada pengaruh pada kekedapan pintu. “Berbeda dengan lubang hawa atau ventilasi, kalau itu adanya dibagian bawah pintu,” jelasnya.

OTOMOTIF menggunaka­n Toyota Fortuner untuk melakukan prakteknya. Hal awal yang harus dilakukan adalah membuka bagian panel pintu. Yakni dua baut door trim, satu pada tuas tarikan pintu ( foto 3) dan satu lagi pegangan tarikan pintu dengan menggunaka­n obeng plus.

Kemudian, buka penutup tweeter dengan cara menariknya perlahan ( foto 4). Buka juga satu kancing door trim. Setelah door trim terlepas, buka lubang penutup karet yang akan dipasang lampu safety.

Supaya bisa menyala ketika pintu terbuka, lampu kabel safety tersebut dihubungka­n dengan lampu plafon atau pintu. Penggunaan kabelnya juga bisa diambil dari pilar A.

Di lampu ada dua buah kabel yang berwarna merah dan merah muda. Merah merupakan kabel plus dan merah muda sebagai minus ( foto 5).

Kalau semua sudah terpasang, lampu tambahan tersebut akan menyala berkedip berwarna kuning saat pintu dibuka, sehingga mudah terlihat dari kendaraan di belakang terutama saat malam hari. “Karena warna kuning juga mendadakan warna peringatan,” tambahnya.

Bagi para pengguna Toyota Fortuner, saat pintu mobil dibuka dalam keadaan mesin mati, lampu ini tidak akan langsung mati ketika pintu ditutup. “Itu pengaruh dari timer asli Fortuner, tapi kalau mobil lain bisa langsung mati kok,” tuturnya.

Bagi yang berminat ingin memasang lampu ini, bisa langsung menebusnya dengan harga Rp 350 ribu.

Saat ini Wira sudah berhasil memasang hampir di seluruh mobil Toyota. Namun untuk Honda masih dicari jalan keluarnya, karena ternyata tidak ada lubang handle. • Dwi

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia