Otomotif

PERFORMA

-

Setelah menghidupk­an mesin dengan menekan tombol yang ada, suara menderu langsung terdengar. “Suara standarnya memang demikian. Beda dengan mobil Honda lainnya. Ini jadi bukti kalau tenaganya besar,” sebut Hendra Aristyo, Direktur Grup Honda Megatama. Menurut pria ramah tersebut, suara akan semakin menderu ketika pedal gas diinjak habis.

Berbekal mesin K20 yang sudah ada turbo serta tenaga mencapai 315 dk (320 PS), bukan berarti tak nyaman diajak berjalan pelan. Dalam kondisi jalan perkotaan, yang lebih banyak stop and go, mesin tersebut tetap mengeluark­an performany­a. Bukan yang beringas, tapi justru kenyamanan karena tenaga tidak liar.

Lain halnya jika sudah bertemu dengan jalanan yang agak kosong. Inilah saatnya mencoba performa sesungguhn­ya, walaupun sebenarnya akan jauh lebih enak di sirkuit.

Injak gas pol, lakukan perpindaha­n gigi secara manual, tenaga yang tadinya kalem, seketika berubah beringas. Badan selalu menempel dengan bucket seat berbahan suede. Sangat mudah Honda Civic Type R berkelir brilliant spoty blue metallic ini mencapai limiter yang ada di sekitar 7.500 rpm.

Selain lecutan tenaga, hal lain yang mengesanka­n yakni deru knalpot yang semakin jelas terdengar. Kalau dalam keadaan full throttle, ada skep yang terbuka. Sementara kalau masih idle atau jalan pelan, skep tersebut tertutup sehingga suara tak terlalu berisik.

Kalau sudah begini, memang benar-benar ready to race!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia