Otomotif

Performa

-

Ketika pertama diperkenal­kan di bulan Desember, belum banyak info yang diumbar mengenai mesin, sampai beredar gosip mesinnya identik dengan Vario 150 ESP. Eits ternyata salah! “Mesin yang dipakai total baru, memang bore x stroke sama, tapi sebenarnya sama sekali beda,” terang Endro.

Paling beda menurut Endro bisa dilihat dari crankcase kiri, yang juga dudukan CVT, paling jelas dudukan sokbreker di ujung. “Crank shaft juga beda, lebih mirip SH150,” lanjutnya.

Bahkan performa yang dihasilkan ternyata juga lebih besar, “Kuncinya ada di optimalisa­si desain intake, seting ECM, desain muffler dan perubahan CVT,” imbuh pria ramah ini. Tenaga maksimal diklaim mencapai 14,5 dk di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.

Karakterny­a saat dicoba responsif banget di putaran bawah sampai menengah sekitar 60 km/jam, buat stop and go rasanya sangat cocok, tapi dengan catatan cara buka gas dengan diurut jangan langsung buka mentok. Karena keterbatas­an trek, maka eksplorasi performa belum bisa maksimal. Sabar ya! Kita kupas lebih mendalam edisi depan, karena unit tes sudah di redaksi.

Performa pengereman juga dicoba, karena saat akan memulai sesi tes, Inuma mendekati OTOMOTIF dan minta untuk merasakan kinerja rem kendati cuma pakai ABS 1 channel, “Silakan dicoba keandalann­ya,” ujar pria ramah yang jago naik motor ini.

Titik pengereman memang sudah disiapkan, jelang tikungan setelah trek lurus cukup panjang. Ketika sampai, kedua rem langsung diremas maka secara spontan motor berhenti dengan titik yang cukup dekat. Roda depan sangat terasa tetap stabil, enggak ada gejala ngesot karena berhenti secara perlahan tanpa mengunci. Oiya modulator ABS memompa sebanyak 10 kali per detik, jadi di handel terasa lembut tidak mengagetka­n.

Meski begitu, rem belakang tentu tetap mengunci, cuma gelaja ngesot ke kanan atau kiri terasa minim. Jadi ternyata memang benar, kinerjanya bisa membantu kestabilan saat mengerem keras ( hard braking) atau ketika di trek licin.

Ulasan lebih lengkap tunggu di artikel test ride edisi depan! Diulas data konsumsi bensin, data akselerasi sampai top speed.

 ??  ?? Suspensi belakang ganda dengan dudukan bawah di ujung belakang
Suspensi belakang ganda dengan dudukan bawah di ujung belakang
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia