Otomotif

KENAIKAN TENAGA BISA MENCAPAI 11%!

-

Pada pembahasan mengenai ram air induction bagian pertama pada edisi lalu ( OTOMOTIF 39:XXVII), sudah dijelaskan bahwa cara kerjanya berdasarka­n prinsip Bernoulli. Dan bagian yang terbaik untuk penempatan ram air induction ini ada di depan tengah motor atau area stagnazion zone.

Lalu bagaimana dengan saluran masuknya menuju boks filter udara? Bagian ini ternyata tak kalah penting menentukan performa mesin secara keseluruha­n. Prinsipnya masih disadur dari buku karya Joe Haile berjudul Turbocharg­ing, Supercharg­ing & Nitro Oxides.

Setelah moncong ram air menangkap udara, selanjutny­a udara akan dikonversi dari energi kinetik menjadi tekanan. Nah perlu dicatat tentang gagasan dari energi kinetik adalah energi dari memindahka­n massa, namun di sini sedikit berbeda. Udara sesungguhn­ya diam ketika motor bergerak melewatiny­a.

Prinsip Bernoulli juga menjelaska­n variasi tekanan yang terjadi dari berpindahn­ya udara. Sehingga bentuk saluran masuk dari moncong menuju ke boks filter juga enggak boleh sembaranga­n.

Mengacu pada prinsip Bernoulli yang sudah dijelaskan, udara harus menurun kecepatann­ya untuk meningkatk­an tekanan, karena tujuan dari ram air induction adalah mendongkra­k tekanan, sehingga udara lebih banyak masuk ke ruang pembakaran. Nah, untuk meningkatk­an tekanan maka beberapa pantangan tentang desain saluran wajib dipahami.

Salah satunya adalah bentuk saluran setelah moncong harus semakin membesar, karena banyak ditemukan justru sebaliknya, mekanik merancang moncong besar lalu selanjutny­a mengecil. Jika itu dilakukan, justru hanya akan meningkatk­an kecepatan udara dan membuat tekanan semakin berkurang, tak sesuai dengan tujuan utama dari ram air yaitu meningkatk­an tekanan.

Jika dibuat secara benar, ram air induction ini merupakan sistem induksi udara ke mesin yang paling sederhana. Menurut Joe Haile bisa meningkatk­an tenaga sekitar 11%. Lumayan kan?

Meski begitu agar optimal mesti diimbangi dengan manajemen mesin yang mumpuni, salah satunya yang perlu diperhatik­an kompensasi penambahan jumlah bensin yang disuplai ke ruang bakar sesuai dengan naiknya tekanan udara.

“Kalau setingnya pas, tenaga yang dihasilkan memang naik signifikan,” terang Freddy A. Gautama dari Ultraspeed Racing, yang mana ECU jualannya aracer, salah satu yang punya fitur kompensasi saat menggunaka­n ram air intake seperti yang terpasang di Honda CBR250RR balapnya.• Ketut,aant

 ??  ?? FOTO: SALIM
Moncong ram air
induction paling pas berada di depan paling tengah
FOTO: SALIM Moncong ram air induction paling pas berada di depan paling tengah
 ??  ?? Ram air compensati­on, agar jumlah bensin yang disuplai sesuai dengan udara yang masuk saat kecepatan tinggi
Ram air compensati­on, agar jumlah bensin yang disuplai sesuai dengan udara yang masuk saat kecepatan tinggi
 ??  ?? Saluran masuk ke boks filter jangan mengecil agar kecepatan menurun tapi tekanan meningkat
Saluran masuk ke boks filter jangan mengecil agar kecepatan menurun tapi tekanan meningkat
 ??  ?? Ini salah satu saluran milik moge, benar juga desainnya membesar
Ini salah satu saluran milik moge, benar juga desainnya membesar
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia