Otomotif

HONDA VARIO GETAR

-

Jadi begini, motor saya Honda Vario 125 tahun 2014, kalau dipakai jalan pelan terasa getar. Sudah diservis tapi tak ada perubahan. Kenapa itu ya? Terima kasih. Suri Nistianing­rum Tempo Scan Tower Jl. HR. Rasuna Said, Jaksel

Halo juga Mbak Suri, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya!

Vario 125 getar atau gredek saat dipakai jalan pelan, itu sepertinya ciri untuk segera ganti BPKB alias sebaiknya ganti motor baru, heheee...

Maaf sedikit bercanda ya! Mari lanjut jawaban yang serius. Getar atau gredek di Vario 125 bisa dibilang bukan hal yang aneh, karena memang banyak ditemukan di generasi ini. Sudah penyakit lah, terutama yang odometerny­a sudah tinggi. Dan hal itu berasal dari bagian CVT, terutama area kopling yang berada di driven pulley atau puli belakang.

Getar itu disebabkan karena ketika jalan pelan, kondisi membukanya sepatu kopling atau kampasnya tanggung, kondisi ketika kampas baru mulai membuka, sehingga gigitan kampas ke mangkok kopling belum sempurna, antara mengigit dan terlepas, makanya terjadi getar. Yang mana getar ini makin parah jika banyak kotorannya.

Bagaimana solusinya? Paling gampang sih jangan jalan pelan, langsung buka gas besar. Tapi tentu cara ini hanya bisa kalau kondisi jalan kosong. Untuk mengatasin­ya yang pertama area CVT wajib sering dibersihka­n agar debu hilang sehingga mengurangi gejala selip yang menambah getar.

Solusi kedua, bisa dengan mengganti per kampas pakai yang sedikit lebih keras, agar kampas membuka di putaran lebih tinggi, efeknya respon memang lebih lambat namun lebih minim getaran.

Cara ketiga bisa dengan modifikasi atau ganti kampas dengan produk aftermarke­t yang gigitannya lebih kuat, sehingga enggak selip yang bikin getar, misal keluaran Moto1. Oiya, selain itu bisa pula pakai kampas kopling milik Yamaha NMAX yang dari beberapa uji coba bengkel juga bisa mengurangi getar, baik itu standar bawaan NMAX maupun versi aftermarke­tnya.

Demikian jawaban saya Mba Suri, semoga bisa membantu memecahkan masalah yang terjadi di Vario 125.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia