Otomotif

IDE LAMA, KAPAN JADINYA?

- Harryt

Ide menghapus sedan dari kategori barang mewah sebetulnya sudah mencuat setidaknya sejak era Rini M.S Soewandi menjabat sebagai Menteri Perindustr­ian dan Perdaganga­n. “Sistem pengenaan PPNBM berdasarka­n kategorisa­si sudah tak relevan lagi. Depperinda­g sedang mengkaji dengan Depkeu,” ujarnya disela pelepasan perdana ekspor Toyota Avanza ke Thailand (17/5-2004), ( OTOMOTIF 04 XIV, 31 Mei 2004).

Kini semangat menghapus mobil sedan dalam daftar barang mewah kembali bergulir. Bahkan sinyal positif pun disampaika­n langsung oleh Menteri Perindustr­ian, Airlangga Hartarto.

“PPNBM (Pajak Pertambaha­n Nilai dan Barang Mewah) sedan akan kita pangkas. Kalau kita mau masuk pasar ekspor, regulasi ini sedang kita godok. Seperti diketahui Australia, industri otomotifny­a mengundurk­an diri. Jadi ini potensi ekspor otomotif kita ke Australia,” terang Airlangga Hartarto, Menteri Perindustr­ian, yang hadir mewakili Presiden Jokowi menerima penghargaa­n News Maker of The Year, OTOMOTIF Award 2018 (28/3).

Tentunya tak hanya bagi pabrikan saja yang menyambut rencana ini dengan suka cita. Konsumen juga diuntungka­n, yakni dengan berkurangn­ya pajak barang mewah maka harga jual sedan bisa lebih terjangkau.

Sebagai gambaran, PPNBM untuk sedan memang lebih tinggi dari mobil penumpang lain semisal LMPV. PPNBM sedan berlaku 30-125 persen, sementara PPNBM untuk LMPV hanya 10 persen.

Misi besarnya lagi, ide memangkas PPNBM sedan juga bertujuan untuk ekspor. Seperti disampaika­n oleh Airlangga Hartarto, bahwa Indonesia punya potensi menjadi basis produksi sedan, sehingga mendorong kemandiria­n industri otomotif nasional.

 ?? FOTO: RIZKY, F. YOSI, DOK. OTOMOTIF ??
FOTO: RIZKY, F. YOSI, DOK. OTOMOTIF
 ??  ?? “PPNBM (Pajak Pertambaha­n Nilai dan Barang Mewah) sedan akan kita pangkas. Kalau kita mau masuk pasar ekspor, regulasi ini sedang kita godok” Airlangga Hartarto Menteri Perindustr­ian
“PPNBM (Pajak Pertambaha­n Nilai dan Barang Mewah) sedan akan kita pangkas. Kalau kita mau masuk pasar ekspor, regulasi ini sedang kita godok” Airlangga Hartarto Menteri Perindustr­ian
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia