Otomotif

LAHER TERSANGKAN­YA

Atasi Roda Depan Goyang di Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS 2 3

-

Rasa kurang nyaman saat berkendara dan bikin kurang pede menikung jika roda depan terasa goyang. Bisa terjadi di motor apa saja termasuk di Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS. Apa sih sebab dan penanganan­nya?

“Biasanya karena ban sudah tipis, tapi bisa juga karena laher roda depan oblak,” terang Nursahid dari bengkel MJ Motor. Kalau ban tipis tentu gampang, kasat mata langsung jelas terlihat kondisinya, ganti baru beres.

“Kalau dari laher, angkat dan digoyang saja bannya, kalau terasa ada celah berarti harus ganti,” terang Sahid, sapaannya. Untuk menggantin­ya, sebelumnya siapkan laher baru berkode 6202 (Gbr.1) dan sebaiknya yang ada seal penutup debunya biar lebih awet. “Harganya kisaran Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribuan,” terangnya.

Proses pemasangan diawali melepas kaliper rem pakai kunci T12. Lanjut buka mur as roda dengan kunci ring 22 (Gbr.2). Setelah roda terlepas, gunakan obeng minus untuk mencongkel seal penutup debu (Gbr.3). “Kemudian copot laher pakai obeng minus yang diketok pakai palu (Gbr.4),” ujar Hartono, mekanik MJ Motor. Nah lepas deh laher yang rusak, tampak keluar cairan karat

Foto: AANT

dan jika digoyang memang sudah oblak (Gbr.5).

“Setelah itu tinggal pasang laher yang baru, dengan diketok tapi perlahan saja bagian pinggirnya (Gbr.6). Dan jangan tertinggal bushing as rodanya juga dipasang,” wanti mekanik yang biasa disapa Tonches ini.

Terakhir tinggal dirakit dengan langkah kebalikan proses pembongkar­an. “Dijamin goyangan jadi hilang, sehingga lebih nyaman dan pede saat menikung,” tutup Sahid yang bengkelnya beralamat di Jl. Arteri Pondok Indah No. 8, Jaksel. • Aant

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia