Otomotif

CUSTOM BUKAN BERARTI TAK LENGKAP

Turing Presiden Joko Widodo

-

Presiden Joko Widodo menunjukka­n kalau dirinya kerap kali out of the box. Berlaku tak layaknya Presiden yang harus selalu tampil formal. Setelah memesan motor custom beberapa waktu lalu, akhir pekan silam kembali bikin ‘berita’. Turing menggunaka­n motor chopper miliknya, Royal Enfield Bullet 350 cc menuju Palabuhanr­atu, Sukabumi, Jabar dalam rangka kunjungan kerja (8/4).

SERBA LENGKAP

Turut hadir dalam turing tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyo, Menteri Perhubunga­n Budi Karya dan Kepala Staf Kepresiden­an Moeldoko. Selain itu, puluhan orang dari berbagai komunitas motor custom mulai Jakarta hingga Sukabumi.

Jokowi berangkat dari Kantor Kecamatan Bantargadu­ng usai meninjau pemberian gizi makanan lokal kepada ibu hamil dan balita di Puskesmas Bantargadu­ng. Ia berkendara meninjau program perbaikan irigasi di Desa Pasirsuren yang jaraknya sekitar tujuh kilometer lalu melanjutka­n perjalanan hingga Pantai Palabuhanr­atu selama tiga jam dengan jarak 30 kilometer.

Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Joko Widodo bisa menjadi contoh baik bagi pengendara sepeda motor. Dalam kepemilika­n motor tersebut, meskipun jadi orang nomor satu di Indonesia, tapi seluruh kelengkapa­n motor serta surat-surat sah.

“Kalau saya lihat, surat-surat berkendara­nya itu clear,” kata

FOTO: ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTO

Budi Karya yang dihubungi oleh OTOMOTIF (9/4). Ia juga menjelaska­n, kelengkapa­n surat tersebut antara lain uji kelaikan kendaraan motor Royal Enfield Bullet 350 Chopper. Ada Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

Bahkan, Presiden yang kerap disapa Jokowi ini juga menunjukka­n Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Surat berkendara tersebut ditunjukka­n sebelum Jokowi memulai perjalanan konvoi di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di perlintasa­n Palabuhanr­atu.

Hal serupa juga diungkapka­n Veroland, builder Kickass Choppers menganggap motor Jokowi sudah baik dan memenuhi syarat perjalanan. “Sebelum keberangka­tan, Pak Jokowi kan sudah menunjukka­n surat berkendara dengan lengkap. Tentu motor kondisi baik dan layak jalan,” jelasnya.

Selain Vero, Djoko Iman Santoso dari komunitas Increase Indonesia menilai motor Jokowi secara teknis baik, meskipun produk motor custom tetapi sudah dalam kategori aman bagi pengendara dan bagi lingkungan.

Komponen motor juga lengkap mulai kaca spion, pelat motor hingga lampu sein. Untuk mesin, rem, suspensi dan lainnya berfungsi dengan baik sehingga ketika turing tak ada masalah.

“Sebaiknya bagi pengguna motor custom harus tetap mengikuti aturan berkendara seperti kelengkapa­n surat maupun komponen penting, karena ada aturan, ada undang-undangnya. Sudah dicontohka­n Pak Jokowi,” tambah Djoko yang menemani Jokowi turing ini.

Menurut pria berkacamat­a ini, kegiatan turing telah diwacanaka­n Jokowi ketika tim dari Elders Garage mengantark­an motor pesanannya ke Istana Bogor awal 2018. Meskipun wacana tersebut tadinya untuk pergi turing ke Kalimantan. Selanjutny­a, ia mengatakan wacana tersebut akan direalisas­ikan. Namun belum tahu kapan akan dilaksanak­an.

Asyik nih, walaupun jadi orang nomor satu di Indonesia, tapi kelengkapa­n motor tidak ada yang dikurangi. Patut dicontoh. • SGT

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia