Otomotif

Jaguar E-type Zero Pangeran Harry & Meghan

- Kereen..!

Menariknya, motor listrik 220 kw dan baterai lithium ion didesain khusus untuk E-type Zero. Makanya bobot dan dimensinya dibikin sama dengan bobot mesin 6 silinder segaris berkode XK bawaan asli mobil.

Tim Jaguar Land Rover Classic merasa sangat penting untuk melakukann­ya, agar posisi penempatan­nya sama persis dengan mesin XK lamanya.

Motor listrik beserta komponen reduction gear berada di belakang baterai, posisinya sama dengan girboks E-type. As kopel atau propshaft, gardan hingga gigi roda kini bahkan bobotnya lebih enteng 46 kg dibandingk­an komponen lamanya.

Menggunaka­n bobot yang setara dengan mesin aslinya, membuat secara struktur mobil seperti suspensi, pengereman tidak mesti mengalami perubahan. Ini memberikan kemudahan dalam proses konversi dan homologasi.

Sehingga pengalaman berkendara, baik kemudi, berkendara, serta pengereman seperti layaknya sebuah E-type. Begitu juga dengan distribusi bobot depan dan belakang yang tak berubah.

Mesin 6 silinder segaris berkode XK yang dibikin sejak tahun 1949 hingga 1992, sudah terpasang pada beberapa mobil ikonik Jaguar, selain E-type, ada XK120, Mk2 dan XJ6.

Dengan begitu, motor listrik dan baterai yang dibangun untuk E-type Zero ini juga akan bisa dipakai untuk tipetipe Jaguar yang telah disebutkan tadi.

 ??  ??
 ??  ?? Desain interior sesuai aslinya, hanya panel instrumen berubah modern, namun tetap klasik
Desain interior sesuai aslinya, hanya panel instrumen berubah modern, namun tetap klasik

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia