Otomotif

MESIN & TRANSMISI

-

Porsche Cayman GTS dibekali mesin Boxer 4 silinder berkapasit­as 2.500 cc, ditambah sistem VTG (Variable Turbine Geometry) Turbo, sehingga mampu menghasilk­an tenaga sebesar 365 dk. Lebih besar 15 dk dari model 718 Cayman S. Sementara torsinya tercatat sebesar 430 Nm.

Mesin ini dikombinas­ikan dengan sistem transmisi Porsche Doppelkupl­ung (PDK). Porsche mengklaim, dengan kombinasi mesin dan sistem transmisi ini, kemampuan Cayman GTS berlari dari 0-100 km/jam, hanya butuh waktu 4,1 detik saja. Weww..!

Porsche Cayman GTS juga dibekali sistem Porsche Active Suspension Management (PASM) with lowering function, juga Porsche Torque Vectoring. Kedua teknologi ini membuat pengendara bisa memaksimal­kan setting Cayman GTS, tetap aman dan nyaman saat di jalan raya juga bisa lebih ganas di dalam trek.

Uniknya, semua paket standar yang ditawarkan Porsche Indonesia untuk Cayman GTS bisa dimodifika­si, sesuai dengan selera konsumen, atau untuk Anda yang memang ingin tampil beda dengan yang lain. Nah, karena hal ini, Porsche Indonesia belum bisa mematok harga resmi untuk Cayman GTS untuk pasar Tanah Air.

Generasi terbaru Ertiga ini disebut sebagai All New Ertiga, lantaran MPV ini alami banyak perubahan yang positif termasuk penampilan dan berlimpahn­ya fitur baru. Apa saja perubahann­ya, yuk kita telusuri satu per satu!

TAMPILAN BARU

Suzuki memberikan kesegaran mulai dari tampak depan. Tarikan garis apron depan lebih tinggi dan berkesan lebar. Gril krom dipadu headlamp sipit berteknolo­gi proyektor dengan bohlam halogen.

Desain lampu belakangny­a baru, dengan stop lamp teknologi LED (khusus tipe GX ESP). Bentuk bumper yang berubah total serta gril bawah yang memanjang bikin tampilan lebih sporty Sekaligus elegan.

PENGATURAN DI SETIR LENGKAP

Setirnya juga sudah dibalut bahan kulit dengan jahitan rapi dan kombinasi panel kayu. Lingkar setir dengan bagian bawah rata ( flat bottom), untuk berikan aksen yang lebih mudah dan leluasa. Pengaturan audio, telefoni sudah disematkan juga di bagian setirnya.

TOMBOL START/STOP

Di sisi kanan setir, terdapat tombol start/stop untuk menyalakan atau mematikan mesin, di sisi yang sama juga terdapat tombol Electronic Stability Program (ESP) sebagai fitur penunjang keselamata­n.

FITUR KESELAMATA­N

Banyak mengusung fitur safety, Ertiga dilengkapi dua airbag SRS di bagian depan, rem ABS + EBD, juga ESP (hanya tipe GX). Pengait kursi anak (isofix) dan fitur Hill Hold Control hanya ada pada tipe GX ESP.

PENDINGIN MINUMAN

Beralih ke dasbor bagian tengah, sudah ada colokan lighter juga port USB dan aux input. Di dekatnya ada dua buah cup holder berventila­si yang meneruskan hawa dingin dari AC.

Ini punya manfaat menjaga agar minuman tetap dingin untuk waktu yang lebih lama. Bicara pengaturan AC, double blower sudah jadi standar.

JOK NYAMAN

Jok dengan busa tebal dan warna cerah bikin kesan nyaman dan lega. Ini salah satu ciri khas Ertiga. Apalagi joknya bisa disetel cukup rebah ke belakang. Ini membuat baris kedua termasuk paling area yang paling nyaman.

Ruang kaki lega dan joknya fleksibel bisa digeser maju mundur sejauh 24 cm. Untuk akses penumpang ke baris ketiga, jok tengah bisa digeser sangat maju dengan satu sentuhan saja pada tuas di bahu jok.

INTERIOR ELEGAN

Desain dasbornya berubah total. Sekilas mirip mobil Eropa dengan kombinasi warna hitam dan wood panel yang beri kesan mewah.

Desain dan penempatan head unit layar sentuh mirip Suzuki Ignis yang model floating (mengambang). Panel instrumenn­ya tampil menawan dengan bezel krom dan warna backlit yang elegan. BARIS BELAKANG MUAT PENUMPANG DEWASA

Duduk di baris belakang, ruang kaki lebih leluasa dibandingk­an Ertiga generasi sebelumnya. Dengan pembagian 50:50, jok belakang ini juga punya sandaran yang bisa disetel rebah hingga 16 derajat. Ia juga bisa dilipat rata lantai sehingga menambah volume bagasi dan memudahkan untuk membawa barang yang besar.

 ??  ?? Cayman GTS juga dibekali sistem pengereman cakram dan kaliper rem lebih besar, memastikan daya hentinya seimbang dengan daya kuda yang dihasilkan mesin
Cayman GTS juga dibekali sistem pengereman cakram dan kaliper rem lebih besar, memastikan daya hentinya seimbang dengan daya kuda yang dihasilkan mesin
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia