Otomotif

GANTI TIAP 20.000 KM!

-

Buat Anda atau anggota keluarga mulai merasa gak nyaman kondisi udara AC di dalam kabin, sebaiknya periksa peranti yang satu ini. Terutama bagi yang punya riwayat penyakit pernapasan.

Yap, di balik laci bagasi dasbor, terdapat filter AC. Pastinya tak cuma Ertiga saja yang memiliki filter udara untuk sistem Air Contioner tersebut. Komponen ini bertugas menyaring udara yang disedot dari dalam kabin, untuk kemudian didinginka­n di evaporator, lalu dikeluarka­n lagi ke dalam kabin dalam kondisi dingin.

Nah, seiring pemakaian mobil, filter AC ini lama-lama akan kotor, sehingga membuat udara yang disedot jadi tidak maksimal dan pastinya juga jadi tidak bersih. “Terutama saat musim kemarau, dimana debu lebih banyak berterbang­an di udara. Kalau kaca jendela sering dibuka dalam kondisi AC nyala, filter AC akan lebih cepat kotor,” bilang Suwandi, Service Adviser bengkel resmi Suzuki di Pulogadung, Jakarta Timur.

Maka dari itu, disarankan setiap jarak tempuh 10 ribu km atau setiap kali servis rutin, peranti ini dibersihka­n. “Tapi kalau sudah mencapai jarak tempuh 20 ribu km, sebaiknya filter AC diganti, agar sirkulasi udara di dalam kabin tetap lancar dan bersih,” sarannya.

Contoh di Suzuki di Ertiga, untuk mengganti komponen ini sangat lah mudah. Dijamin Anda pun bisa mengerjaka­nnya sendiri di rumah. Tapi, siapkan dulu filter pengganti. Harganya untuk keluaran Denso yang jadi genuine part Suzuki, sekitar Rp 250 ribu. Boleh juga pakai produk aftermarke­t macam Aspira, Sakura dan sebagainya.

Caranya, mula-mula tanggalkan laci dasbor Ertiga Anda, dengan cara membukanya sampai mentok, lalu tarik ke arah luar ( gbr.1). Oh iya, sebaiknya kondisi laci sudah dikosongka­n dulu ya untuk mempermuda­h. Setelah laci terlepas, maka akan terlihat kotak warna hitam. Nah, itu dia boks filter Ac-nya. Silahkan langsung lepas tutup boks filternya dengan menekan kedua ujung mengancing­nya pakai jari tangan ( gbr.2).

Setelah cover boks fiter sudah dilepas, maka akan terlihat kotak berwarna putih. Itu adalah filter Ac-nya. Segera tarik keluar filter AC tersebut ( gbr.3). Jika pemakaiann­ya masih mencapai 10.000 km dan fiter AC terlihat agak kotor ( gbr.4), cukup bersihkan saja dengan menyemprot­nya pakai angin bertekanan, atau bisa juga pakai pompa sepeda.

Tapi kalau sudah mencapai 20.000 km atau lebih, disarankan untuk ganti baru. Oh iya, untuk pemesangan­nya kembali, langkahnya kebalikan dari cara melepasnya ya! Gampang kan?

 ?? FOTO :F.YOSI ??
FOTO :F.YOSI
 ??  ?? 3
3
 ??  ?? 1
1
 ??  ?? 4
4
 ??  ?? 2
2

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia