Otomotif

KINI PAKAI KNALPOT NORMAL

KTM RC250 SE

-

Di Jakarta Fair Kemayoran 2018, KTM meluncurka­n varian terbaru dari RC250 dengan embel-embel Special Edition (SE). Motor sport seperempat liter itu mendapat tambahan knalpot samping ( Side Muffler) alias pakai knalpot normal. KTM menyediaka­n versi side muffler sebagai tambahan line up poduk, menemani versi lama dengan knalpot underbelly.

“Menambah line up produk, memberikan bentuk yang lebih stylist, mudah pula untuk dimodifika­si ke muffler racing dengan slip-on,” terang Kristianto Goenadi, President Director PT. Penta Jaya Laju Motor (PJLM).

KTM RC250 SE dengan side muffler dibanderol seharga Rp 50,9 juta, atau lebih mahal sekitar Rp 2 juta dari varian dengan knalpot underbelly.

Bagi pemilik RC250 versi knalpot underbelly, jika ingin memasang side muffler di tunggangan­nya ternyata bisa banget lho! Karena knalpot ini terpasang ala slip-on. Plek masuk ke lubang knalpot lamanya.

“Bila mau bisa membeli paket knalpot original KTM, sekitar Rp 2,5 juta,” ujarnya. Paketnya terdiri dari muffler samping dan tabung katalis Euro4, termasuk hanger knalpot. Namun, jika tidak ingin mengadopsi standar emisi tersebut, bisa memasang knalpotnya saja. Penggantia­n knalpot ini juga tidak akan menggugurk­an garansi karena part ini dikeluarka­n resmi oleh KTM.

Mengenai bentuk knalpotnya, sama persis dengan milik RC390. Bentuk silencer memanjang dengan penampang mengotak. Serunya pemasangan­an side muffler ini membuat powernya bertambah. “Sesuai dengan hasil dyno internal bisa naik kurang lebih 1 horsepower,” terang Kris, sapaan pria ramah ini.

Lantas bagaimana suaranya? Meski tidak sempat dinyalakan, menurut Kristianto, muffler samping memberikan suara yang lebih sporty dan keras dari versi terdahulu.

Ternyata sebelumnya banyak pengguna yang kurang menyukai suara knalpot underbelly, karena terlalu halus dan malah ada yang bilang mirip dengan suara Bajaj 4 tak.

Selebihnya untuk fitur maupun livery- nya masih sama dengan RC250 versi standar. Warna oranye mendominas­i fairing dan tangki, dengan warna hitam pada bagian depan. Sedangkan bodi belakang domiman warna hitam. Dimodifika­si pakai livery KTM di Motogp pasti keren nih!

Oh ya, RC250 dibekali dengan mesin 1 silinder 250 cc, suspensi upside down dan monosok dari WP, rem depan kaliper radial dengan ABS serta terdapat assist & slipper clutch yang membuat tuas kopling jadi sangat ringan ketika ditarik.

Knalpot baru, suara jadi enggak “trung-trung” lagi deh!

 ?? foto : rizky ??
foto : rizky
 ??  ?? Knalpot pakai silencer “normal” layaknya motor sport umumnya, suara jadi lebih gahar
Knalpot pakai silencer “normal” layaknya motor sport umumnya, suara jadi lebih gahar
 ??  ?? Pemasangan knalpot secara slip-on, jadi ganti knalpot racing lebih mudah
Pemasangan knalpot secara slip-on, jadi ganti knalpot racing lebih mudah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia