Otomotif

JAPSTYLE SILINDER? 4 WHY NOT!

2013 BN600 i Benell

-

Aliran klasik dari negeri Sakura alias Japstyle, menjadi salah satu favorit yang diaplikasi­kan pada motor custom di Indonesia, “Tapi kebanyakan mesinnya 1 atau 2 silinder aja, seperti W175 dan Triumph. Biar beda, makanya saya bikin pakai Benelli BN600 yang 4 silinder,” buka Bonifal Purnama.

FYI, Benelli BN600 ini aslinya sport naked dengan buntut yang nungging dan tinggi, berbanding terbalik dengan Japstyle yang buntutnya identik datar. “Makanya rangka dibuat baru jadi datar. Setelah itu pakai swing arm CB 400, jadi monosok dilepas ganti dual sok merek Ohlins,” rinci Boni sapaannya.

Rangka belakang yang jadi datar ini, dikombinas­i dengan jok baru yang tentu juga rata, bentuknya khas motor klasik yang dibalut kulit cokelat. Suasana klasik dihadirkan juga dengan pemilihan lampu rem dan lampu sein bulat, sepatbor belakangny­a juga melandai klasik nih!

Tampilan depan juga dibuat jadul dengan penggunaan lampu Daymaker 7 inci dan visor custom, “Lekukan visor dibuat sealur dengan bodi jadi lebih enak dilihat. Karena tadinya sport naked dengan setang rendah, sekarang pakai fatbar ditambah raiser, jadi lebih tinggi dan santai posisinya, supaya gak mentok perut juga nih, hahaa…” tambahnya.

Warna pun tak dibiarkan standar, diserahkan ke JDM Project di Pangkalan Jati, Jaktim. “Karena profesi Om Boni adalah sopir pesawat alias pilot, maka kepikiran bikin konsep Benelli 600 Air Force One. Sehingga dikasih lambang Air Force One di tangki dengan teknik airbrush. Warnanya grey titan matte agar kesan pesawat tempurnya kuat,” rinci Joddy, owner JDM Project.

Area kaki-kaki juga dirombak, menggunaka­n pelek depan 3 inci dibalut ban Shinko 120/90-17 dan pelek 5 inci di belakang dengan ban sama ukuran 150/70-17. Ban ini kembangann­ya kasar dan profilnya tebal, sehingga berkesan gahar.

“Pelek dikasih warna grey rocket bunny, jadi klasiknya dapat dan aura tempurnya juga dapat. Sok depan yang aslinya warna cokelat tua anodized diubah jadi gold anodized ala-ala Ohlins, proses bongkar pasangnya ribueeddss,” tutup Jody yang juga menerima detailing motor.

Jadi deh Japstyle 4 silinder ini! Sssttt..., tapi kabarnya malah mau dijual! Yah sayang banget padahal udah keren gini ya! • Fariz

 ??  ?? Lampu Daymaker model bulat klasik dengan LED kekinian
Lampu Daymaker model bulat klasik dengan LED kekinian
 ??  ?? JDM Project: 0878-8693-8456
JDM Project: 0878-8693-8456
 ??  ?? Silencer HarleyDavi­dson Sportster dicomot
Silencer HarleyDavi­dson Sportster dicomot
 ??  ?? Logo Air Force One menjadi ciri untuk sang pemilik
Logo Air Force One menjadi ciri untuk sang pemilik
 ??  ?? Jok custom datar berkat rangka barunya
Jok custom datar berkat rangka barunya
 ??  ?? Setang tinggi menggunaka­n model fatbar dan tambah raiser
Setang tinggi menggunaka­n model fatbar dan tambah raiser

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia