Otomotif

TELEMETRI PRIBADI!

-

Bagi Anda pengendara motor, harus mencoba aplikasi di smartphone bernama Pirelli Diablo Super Biker. Aplikasi ini memungkink­an pengendara untuk mencatat dan mengikuti aktivitas selama berkendara seperti kecepatan rata-rata, top speed, jarak tempuh, durasi berkendara, tingkat kemiringan kanan dan kiri, gaya gravitasi saat berakseler­asi, serta merekam pergerakan selama berkendara dalam peta.

Bisa dibilang sebagai telemetri pribadi! Jadi serasa pembalap yang mesti mengumpulk­an berbagai data untuk mendapatka­n performa terbaik. Nah kalau harian untuk apa? Tentu bisa analisa gaya berkendara, misal sudah efisien belum.

Dikutip dari websitenya, Diablo Super Biker menyediaka­n detail pada performa dan menyajikan pengalaman berkendara yang mengasikka­n. Aplikasi ini menggunaka­n alogaritma GPS dan berbagai parameter untuk mengukur data.

Yuk kita praktikan! Nah, sebelum memulai harus membuat profil terlebih dahulu, kemudian pilih motor yang dikendarai. Setelah itu pilih merek ban motor yang dipakai serta jenisnya. Baik merek motor maupun ban sudah disediakan di aplikasi ini.

Selanjutny­a Anda kembali ke interface utama dan menekan icon ‘GO’ untuk memulai. Di home screen ini, dapat juga memilih jenis berkendara, ‘ROAD’ atau ‘TRACK’. Untuk berkendara seharihari pilih ‘ROAD’. Setelah itu berkendara seperti biasa, misalnya pergi dari rumah ke kantor.

Ketika tiba di tujuan, tekan ‘STOP’ untuk menghentik­an. Kemudian tekan menu di pojok kiri atas, selanjut masuk ke ‘SESSIONS’ untuk melihat progress Anda selama berkendara. Di sana juga akan terlihat beberapa sesi yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Untuk informasi lebih detail, tekan sesi tersebut. Di dalamnya terdapat durasi berkendara, jarak tempuh, top speed, sudut kemiringan kiri dan kanan, serta informasi lainnya. Dapat juga merekam pergerakan selama berkendara dari tempat start sampai di tujuan pada peta.

Pirelli Diablo Super Biker cocok untuk bikers yang senang turing, atau jalan jauh karena bisa melihat data saat perjalanan. Selain itu, untuk yang suka ikut track day maupun fun race aplikasi ini bisa dijadikan telemetri pribadi.

“Dulu pernah pakai, buat di Sentul mengukur lap timer dan lean angle. Tapi kurang memuaskan, mungkin karena GPS di sini kurang akurat. Tapi isinya lumayan informatif,” kesan Benny Saputra owner One3 Motoshop tentang aplikasi ini. Jadi untuk harian sih lumayan banget.

Untuk mendapatka­nnya, dapat diunduh langsung secara cuma-cuma di App Store pada IOS dan Play Store untuk perangkat Android. Cobain deh!

 ??  ?? Buat profil terlebih dahulu, jangan motor yang digunakan dan merek bannya
Buat profil terlebih dahulu, jangan motor yang digunakan dan merek bannya
 ??  ?? Hasil berkendara dapat dilihat di sini, mulai dari durasi sampai sudut kemiringan
Hasil berkendara dapat dilihat di sini, mulai dari durasi sampai sudut kemiringan
 ??  ?? Interace utama, tekan tombol ‘GO’ untuk memulai
Interace utama, tekan tombol ‘GO’ untuk memulai
 ??  ?? Posisi selama berkendara terekam dan dapat dilihat ulang
Posisi selama berkendara terekam dan dapat dilihat ulang
 ??  ?? Sesi yang sudah sudah dilalui contohnya seperti ini
Sesi yang sudah sudah dilalui contohnya seperti ini

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia