Otomotif

KAKI-KAKI TOYOTA LIMO BUNYI

-

Salam kenal Om Andhika! Saya ingin bertanya tentang Toyota Limo 2009 ex BB (Blue Bird, red). Belum lama ini saya sudah ganti shockbreak­er depan kanan kiri, karena sebelumnya shock sudah berbunyi terus. Setelah saya ganti baru, problem bunyi hilang. Namun setelah pemakaian 3 bulan, muncul kembali bunyi-bunyi gruduk..gruduk.. Kira-kira apa penyebab shock berbunyi lagi? Terima kasih sebelum nya! Buyung Wahyu Broto Jl R.M Sudianto Kel. Grogol, Kec. Limo Depok – Jawa Barat 16533

Hai Mas Buyung, salam kenal juga dari kami. Mengenai permasalah bunyi-bunyi pada pada kaki-kaki Toyota Limo Anda, saya yakin penyebabny­a dari komponen lain.

Bila bunyi-bunyi itu Anda rasakan saat jalan lurus di jalan tak rata, penyebabny­a bisa beberapa hal. Mulai dari karet link stabilizer mulai aus, laher roda oblak, ball joint aus, tie rod rusak dan sebagainya. Maklum, mobil bekas taksi kan jam terbangnya ratarata sangat tinggi. Jadi, wajar saja bila ada komponen yang mengalamai keasusan.

Tapi bila terdengar bunyi kletek.. kletek.. saat berbelok ke kiri atau ke kanan, bisa jadi as roda mobil Anda sudah ‘kena’. Nah, untuk memastikan­nya lagi, coba Anda cermati bunyi-bunyi itu terdengar di saat kondisi seperti apa.

Saran saya, lakukan pemeriksaa­n menyeluruh pada komponen kaki-kaki yang tadi saya sebutkan. Jika memang ditemukan ada part yang aus, segera ganti baru. Semoga permasalah­an Anda segera teratasi ya! Aamiin..

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia