Otomotif

Masalah Kelistrika­n Honda CS1

-

Halo Om Aant, salam kenal. Ane punya Honda CS1 2009 dari baru sampai now oke-oke saja, namun seminggu ini dibuat bingung, ketika lagi berkendara tiba-tiba spidometer mati total tapi mesin masih hidup, lampu depan dan belakang masih nyala. Lampu sein dan klakson plus starter tidak bisa, jadi jika ingin menyalakan mesin dengan jurus engkol baru hidup. Sudah ganti aki baru dan cek fuse, masih belum bisa juga, tapi mesin masih bisa hidup.

Yang bikin keki, kalau handel rem depan ditekan dan rem kaki diinjak, itu spidometer nyala dan bisa starter. Mohon pencerahan­ya om dan terima kasih sebelumnya. Ali Vatoni Komplek Perum Duta Bumi 2 Jl. Duta Asri Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Bekasi 17132

Halo Mas Ali, salam kenal juga. Langsung saya bantu analisa kerusakan yang menimpa pada Honda CS1 kesayangan­nya.

Berdasarka­n paparan uraian yang disebutkan, jika hampir seluruh kelistrika­n terutama spidometer, lampu sein dan klakson mati termasuk electric starter, maka berarti itu menandakan sub fuse atau sekring kedua putus, yaitu yang 10 A. Sekring ini untuk pengaman start, meter dan fan motor. Fuse ini yang dilewati tegangan positif 12 volt dari kabel hitam, yang asalnya dari kunci kontak sebelum menuju ke berbagai kelistrika­n termasuk spidometer, lampu sein, klakson dan lainnya seperti disebutkan di awal. Jadi segera dicek sekringnya lagi dan lakukan penggantia­n jika putus. Bila fuse masih normal, periksa kabelnya siapa tahu ada yang putus.

Lalu kenapa jika tarik atau injak rem electric starter bisa dihidupkan? Nah ini memang aneh, tampaknya ada kebocoran arus sehingga kendati arus menuju spidometer dan sebagainya putus, tapi malah masuk jika tuas rem ditekan. Yang artinya ada arus masuk ke kabel berwarna hijau/kuning (G/Y) yang berujung di lampu rem, yang kemudian saat rem ditekan jadi masuk ke kabel putih/hijau ( W/G) sehingga spidometer, starter dan lainnya mendapat arus dan bisa dihidupkan. Nah yang ini mesti diurut bareng mekanik kepercayaa­n Anda, mungkin ada kabel terkelupas sehingga arus bocor.

Demikian jawaban saya, semoga bisa membantu memecahkan misteri kelistrika­n CS1 kesayangan­nya.

 ?? Foto : DOK.OTOMOTIF ??
Foto : DOK.OTOMOTIF
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia