Otomotif

APACHERR31­0

-

Motor ini mengedepan­kan sisi sporty dengan menawarkan tampilan yang meruncing aerodinami­s. Lampu depannya pun keren menggunaka­n dual proyektor LED dengan positionin­g lamp.

Jika dilihat dari samping, area tengahnya ada bagian yang kosong untuk menonjolka­n rangka tralis merahnya dan monosoknya. Silencer knalpotnya persis milik BMW G310R. Area belakang menjadi trademark RR 310, punya lekukan bodi tajam dengan bentuk lampu rem melengkung unik.

Melongok fiturnya, yang langsung memikat mata saat duduk di joknya adalah spidometer yang memanjang ke atas, bukang melebar ke samping seperti umumnya. Sudah full digital dengan latar putih dan ukuran angka yang besar dengan informasi lengkap, anehnya takometer ada di sisi kanan ditampilka­n kecil.

Geser ke bawah, kaki-kakinya juga mirip G310R termasuk bentuk pelek maupun ukuran bannya. Juga suspensiny­a yang ditopang upside down dengan finishing emas. Belakangny­a pakai monosok dari KYB yang kabarnya sudah race tuned.

Rangkanya teralis juga mirip dengan BMW, tapi

diracik ulang untuk RR310 pada bagian subframe.

Pengereman kembar dengan G310R. Depan menggunaka­n cakram 300 mm dijepit kaliper Bybre radial 4 piston, yang belakang 240 mm dengan kaliper 2 piston. ABS sudah jadi standar.

Mesinnya juga persis G310R 312,2 cc, DOHC 4 klep, berpending­in cairan dan memiliki konstruksi terbalik, di mana posisi throttle body ada di depan sedangkan knalpot di belakang. Performany­a? Tunggu ulasannya di edisi mendatang.

Sebelumnya kita ulas dulu posisi duduknya. Meski terlihat sporty, ternyata duduk di atas Apache RR 310 ini masih nyaman. Karena pada bagian pengendara duduk, rangka dan joknya mengecil, sehingga memberikan kesan ramping, begitu pula dengan tangkinya.

Joknya tebal dan empuk. Ketika dinaiki, rasanya kedua suspensi punya redaman yang cukup kaku, karakterny­a balap banget! Pasti stabil di kecepatan tinggi, tapi keras saat melewati jalan rusak.

Ketika tangan menggapai setang, ternyata posisi duduk tidak merunduk, jadi masih kental sport touring. Pastinya masih nyaman dipakai untuk perjalanan jauh nih. Apalagi posisi footstep tidak terlalu tinggi, jadi kaki pengendara tidak terlalu menekuk.

 ??  ??
 ??  ?? Area depan padat dengan suspensi
upside down dan kaliper Bybre 4 piston juga cakram 300 mm
Area depan padat dengan suspensi upside down dan kaliper Bybre 4 piston juga cakram 300 mm
 ??  ?? Spidometer full digital dengan informasi sangat lengkap, bentuknya memanjang ke atas
Spidometer full digital dengan informasi sangat lengkap, bentuknya memanjang ke atas
 ??  ?? Lampu belakang juga keren sudah LED, mirip Panigale gak sih?
Lampu belakang juga keren sudah LED, mirip Panigale gak sih?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia