Otomotif

TANYA KEKURANGAN HYUNDAI GRAND AVEGA

-

Dear Bang Dhika! Saya Iwan Sulistyo, yang baru-baru ini beli Hyundai Grand Avega 2013, karena menurut saya performa ganteng elegan, tapi sporty. Selain itu BBMnya irit. Saya enggak pedulikan harga jual kembali bakal anjlok, yang penting untuk saat ini saya suka dia.

Saya ingin tau nih, dari pengalaman Bang Dhika, yang selalu harrs lebih diperhatik­an dari HGA (Hyundai Grand Avega, red) second ini apa? Karena baru kali ini saya tunggangi Hyundai. Kalau saya searching topik HGA di internet, yang keluar hanya selling unit, enggak ada yang berbagi pengalaman masalah. Mohon bantuannya ya Bang! Best Regards, Iwan Sulistyo, via email

Hai Iwan, salam kenal dari kami ya! Oke, langsung saja nih saya jawab pertanyaan Anda. Mengenai Hyundai Grand Avega, sebenarnya sudah pernah kami bahas, yaitu pada artikel All About. Menurut info yang kami dapatkan, mesin mobil ini, terutama yang keluaran awal, kerap muncul gejala knocking atau ngelitik, meski sudah pakai bensin oktan tinggi.

Hal tersebut bisa saja diakibatka­n penumpukka­n kerak di ruang bakar. Ini bisa diatasi dengan melakukan pembersiha­n ruang bakar, baik dengan cara gurah atau bongkar silinder head. Tapi ada juga yang menyaranka­n untuk update Ecu-nya di bengkel resmi, untuk menghilang­kan kendala detonasiny­a tersebut.

Tak hanya itu, suspensi belakang mobil ini juga sering dikeluhkan mudah mengayun. Maklum, mungkin karena jam terbang yang sudah tinggi, bisa saja membuat kinerja sokbreker belakang sudah mulai menurun. Nah, kalau memang nanti mengalami seperti ini, Anda bisa mengganti sokbreker belakang opsional yang disediakan Hyundai untuk Avega, yang karakterny­a lebih stiff dan lebih keras.

Cek juga kinerja steering rack- nya. Karena beberapa pemakainya sempat mengeluhka­n soal bunyi-bunyi di bagian ini. Tapi masalah ini mudah diatasi dengan cara mengganti karet yoke steernya. Lalu bila Anda rasakan performa atau tarikan mobil terasa lambat di putaran bawah, coba ganti businya pakai jenis iridium dan ganti filter udaranya pula.

 ?? DOK.OTOMOTIF ??
DOK.OTOMOTIF
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia