Otomotif

ZOMBIE YANG KEREN

GAUL JAKARTA HOLDENERS ANAK SIMPANAN ‘BARU’ 1973 HQ Wagon Kingswood Holden

-

Dewa Arthur terkenal Holdeners sejati. Ia dan Holden Premier Merah bernomor polisi B 643 TT, paling sering wara-wiri di Selatan Jakarta. Bahkan, temanteman­nya kerap menyebutny­a sebagai Holden paling gaul se-jakarta. Bener kan?

Sebagai Holdeners sejati, ia tak hanya punya satu spesies Holden saja, selain si merah B463TT. Ternyata Dewa juga punya ‘kekasih’ lain yang ia simpan bertahun-tahun. Sebut saja namanya Zombie.

Kenapa disebut Zombie. Ini lantaran, pertemuan pertama kalinya Dewa dengan sebuah Holden Wagon yang sudah ‘jogrok’ lama dan di suatu tempat.

Kenapa Wagon? Menurut Dewa lagi, varian Holden Station Wagon sejak lama tidak banyak populasiny­a. “Mungkin karena modelnya panjang kali ya, identik juga dengan sebutan mobil mayat atau mobil jenazah,” jawab Dewa.

Saat ini jumlah total Holden Station Wagon yang beredar di jalanan saja, tak lebih dari 20 unit saja. Padahal dulunya, model Holden Station Wagon kerap dijadikan taksi antar kota, perusahaan taksi Jakarta-bandung, 4848 contohnya.

ZOMBIE REBORN

Kembali lagi ke Zombie. Kondisinya yang cukup mengenaska­n bikin ia menyebutka­n si Zombie, “Wagon ex instansi pemerintah­an, lama tak dipakai, dan kondisinya enggak komplit,” kekehnya. Lantaran tertantang untuk membangun mobil ini, ia pun memboyong si Zombie ini.

Singkat cerita, dengan dana terbatas ia pun mulai membangun sedikit demi sedikit. Di tengah proses membangun, seorang teman menawarkan satu unit Wagon lainnya.

“Tapi yang ini, kondisinya lebih memungkink­an untuk dibangun lebih baik lagi, dan ada satu part yang gue incer dan ada di sini, yaitu indikator atau penunjuk transmisi matik pada bagian kolom setirnya,” tutur Dewa.

Jatuh cinta dengan wagon yang kedua ini, membuatnya ikhlas menjual ‘Zombie’. Wagon yang kedua inilah yang kemudian melanjutka­n nama ‘Zombie’ dengan embel-embel ‘Zombie Reborn’.

Kalau di Zombie pertama ia masih bingung gaya modi kasi yang akan dianutnya, kali ini Dewa terinspira­si dari sebuah foto dari akun instagram @ longroofs.melbourne. Sebuah wagon klimis dengan warna silver, terpajang rapi di sebuah pameran.

Proses membangun ulang bodi ia kerjakan cukup lama. “Sekitar 1 tahun 10 bulan,” kekehnya yang mempercaya­kan restorasi bodi pada bengkel House of EJ di Purwakarta.

Menurutnya lagi, yang membuat prosesnya cukup lama, selain proses menyempurn­akan garis bodi, adalah pencarian komponen. Mulai dari printilan, list krom kaca, list plang bawah dan banyak lagi.

“Mesti pelan-pelan, dapatnya dari toko-toko lama yang menjual parts Holden dan juga ngubek-ngubek junkyard,” curhat Dewa. Diantarany­a, “Ada yang cukup langka sih dari Wagon ini, yaitu power window tailgate, dapatnya dari teman,” kekehnya.

MESIN SANGAR V8

Di tengah perjalanan membangun mobil ini, seorang teman menawarkan mesin V8 dengan harga yang cukup menarik. “Memang kondisinya berantakan, dan setelah dicek hanya bagian blok mesinnya saja yang bisa dipakai,” kata Dewa yang akhirnya meminang mesin ini untuk dipasangka­n di Wagon.

Sektor dapur pacu ini pun jadi pekerjaan rumah berikutnya, sampai suatu saat, masalahnya terpecahka­n. Bengkel Route 66 di daerah Karawaci, Tangerang menawari jeroan baru yang lengkap untuk mesin SBC Small Block 350 V8 ini.

Tanpa pikir panjang, mesin ini pun dinaikkan ke ‘Zombie’. Enaknya lagi, untuk menaikkan mesin V8 ke dalam komparteme­n Holden ternyata tidaklah sulit.

Ini lantaran beberapa model Holden di Australia juga aslinya dibekali mesin gahar ini. Supaya enggak ribet buat jalan harian, transmisi pun dipilih tipe otomatis TH400.

Setelah mendekam nyaris dua tahun di bengkel, akhirnya mobil ini sudah mulai ‘beroperasi’. Jangan kaget, kalau tiba-tiba ketemu Holden Wagon klimis warna Google Silver di jalanan Jakarta ya. Artinya anda sudah bertemu dengan Mr. Zombie Reborn.

Salah satu fitur keamanan, kependekan dari dual sensor brake support. Pada Jimny terbaru terdapat sensor laser dan kamera monocular di kaca depan yang mendeteksi jarak dengan mobil di depannya.

Sensor ini memberikan peringatan bunyi dan display saat terindikas­i akan terjadi kecelakaan dengan mobil di depannya. Saat risiko tabrakan semakin besar, sensor akan mengaktifk­an brake assist dan membantu pengereman lebih akurat saat pengemudi mengalami panik.

 ??  ??
 ??  ?? Pelek dan ban termasuk ‘rare’ Dewa, Holdeners sejati, biasa disebut ‘Kang Bius’. Haha..
Pelek dan ban termasuk ‘rare’ Dewa, Holdeners sejati, biasa disebut ‘Kang Bius’. Haha..
 ??  ?? Mesin V8 dan transmisi otomatis, nambah kegantenga­n si Zombie ini
Mesin V8 dan transmisi otomatis, nambah kegantenga­n si Zombie ini
 ??  ?? Restorasi interior, kesan lawas tapi asyik
Restorasi interior, kesan lawas tapi asyik
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia