Otomotif

MUNCULNYA PENANTANG BARU

Kejurnas ITCC 1600 MAX Putaran 3, Jabar

-

Saat melihat starting list ronde ke-3 Indonesia Touring Car Championsh­ip (ITCC) 1600 MAX di sirkuit Sentul, Jabar (15/7) ternyata ada nama-nama baru yang hadir. Mereka adalah Fitra Eri (Honda Pekanbaru-jr), Avila Bahar (Jakartarac­ing.com), dan Meri Sakikawa ( Toyota Team Indonesia TRD).

Bagi Avila dan Fitra, mereka memang sudah ingin berkompeti­si di kelas ini sejak awal tahun, namun kesempatan itu baru muncul pada ronde ke-3 kali ini. “Tadinya aku pengin turun lebih awal pas ronde ke-2, tapi mobilnya belum siap banget makanya coba tahan sampai ke ronde ke-3,” ujar Avila.

“Nah sekarang sudah lumayan siap nih, masih ada kekurangan. Cuma masih bisa diatasi untuk cari data, ya sudah saya beranikan coba lawan-lawan pembalap senior,” sambung pembalap 16 tahun itu. Di bagian mesin memang masih belum maksimal, mungkin hal ini yang membuat Avila harus menyelesai­kan balapannya lebih awal di lap ke-5.

Padahal, saat itu ia sedang mengejar Meri untuk perebutan posisi ke-5. Meri yang merupakan pembalap wanit asal Jepang ini menggantik­an posisi Alinka Hardianti yang sedang absen untuk hari pernikahan­nya.

Pertama kali balapan di sirkuit Sentul, adaptasi mesin modi kasi tinggi 1600 MAX adalah hal yang baru baginya, sebab ia biasa berkompeti­si di OMR Toyota Vitz atau Yaris 1500 cc mesin standar.

TARGET

Target awal wanit yang berdomisil­i di Tokyo ini adalah bisa menantang para pembalap yang sering meraih podium seperti rekan setimnya, Haridarma Manoppo dan Demas Agil, juga menantang Alvin Bahar (Honda Racing Indonesia).

Namun karena masih belum terbiasa dengan karakter aspal sirkuit Sentul yang kasar dan mudah bikin abrasi ban, Meri hanya meraih target awalnya, nish di posisi 5. “Kalau target itu sudah tercapai, saya ingin bisa kembali balapan di Indonesia lagi tahun ini. Soalnya mobil Yaris di sini sangat kencang dan pembalappe­mbalapnya sangat tangguh,” jelas Meri.

Seandainya Meri kembali berkompeti­si di ITCC 1600 MAX, ada kemungkina­n ia akan kembali balapan di Indonesia akhir tahun ini. Lalu, Fitra Eri yang akhirnya berkompeti­si di 1600 MAX akan melanjutka­n kiprahnya hingga akhir musim ini.

Ia langsung bisa meraih podium di kelas ini setelah bersaing sengit dengan Alvin Bahar untuk bersaing di posisi kedua. “Mobil saya sudah bagus dan memang siap untuk kompetisi, tapi salah masukin gigi dan jadi tersalip sama Alvin,” tuturnya.

Ronde ke-4 nanti, Kejurnas ITCC 1600 MAX akan diselengga­rakan malam hari. Selain mematangka­n persiapan teknik para peserta baru di kelas ini, juga menjadi tantangan anyar tersendiri balapan di Sentul saat malam hari. . • DAB

 ?? RANDY ??
RANDY
 ??  ??
 ??  ?? Mobil belum maksimal, Avila Bahar tunggu ronde ke-4 sampai mobilnya makin mantap Meri Sakikawa berhasil mencapai target dan ingin kembali berkompeti­si di Indonesia lagi secepatnya
Mobil belum maksimal, Avila Bahar tunggu ronde ke-4 sampai mobilnya makin mantap Meri Sakikawa berhasil mencapai target dan ingin kembali berkompeti­si di Indonesia lagi secepatnya
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia