Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Biar enggak lupa, kita ulas lagi prinsip dasar teknologi hybrid yang dipakai PCX. Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT. AHM, sistemnya hybrid paralel atau mesin bakar tetap sebagai tenaga utama dan dibantu motor assist.

Nah motor assist itu memanfaatk­an ACG, yang kita tahu sejak PCX pertama pada 2009 (masuk Indonesia 2010), ini merupakan teknologi starter yang digabungka­n dengan generator. Jika dialiri listrik jadi motor untuk memutar dan menghidupk­an mesin, tapi kemudian setelah mesin hidup kerjanya diubah jadi generator untuk menghasilk­an listrik.

Dari prinsip itu agar mampu memberikan tenaga tambahan, sistem hybrid tepatnya oleh PDU (Power Drive Unit) memerintah­kan mengirim listrik dari baterai lithium ke ACG, sehingga dihasilkan tenaga instan. Agar signifikan maka listriknya harus besar, dipakailah tegangan 48 volt. Makanya di PCX Hybrid ada 2 sistem kelistrika­n, yang standar 12 volt dan khusus sistem hybrid 48 volt.

Tenaga tambahan dari motor assist ini muncul tiap gas dibuka secara spontan atau snapping dan muncul selama 3 detik, sehingga bisa mempercepa­t akselerasi.

Pada PCX Hybrid ini ada 3 riding mode, yaitu D, S dan Idling. Menggantin­ya pakai saklar di setang kiri. Posisi standar saat kontak on ada di D, yang akan dimunculka­n di panel spidometer­nya.

Panel spidometer­nya pun beda banget dengan PCX biasa, ada info assist yaitu besarnya tenaga tambahan antara 1 sampai 5 level. Ada pula charge level 1 dan 2. Juga ada baterai level, menunjukka­n isi dari baterai lithium juga 5 level.

Fitur lainnya seperti PCX ABS, ada smartkey, power outlet 12 volt di konsol bawah setang, rem cakram dengan ABS 1 channel, tapi bagasi hanya 23,3 liter karena terpotong baterai.

rangka berbahan besi.

Guna menunjang kesan sporty, kini cakram depan dan belakang mengadopsi wave disc brake alias model bergelomba­ng. Ukurannya tetap sama 276 mm untuk depan dan 220 mm untuk belakang.

Panel spidometer juga sama saja full digital berlatar biru dan dengan bentuk kompak. Di tengah ada takometer model bar, di bawahnya ada speed meter, sisi kanan fuel meter, dan sisi kiri ada beberapa informasi.

 ??  ?? Spidometer­nya menampilka­n beragam info sistem hybrid- nya
Spidometer­nya menampilka­n beragam info sistem hybrid- nya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia