Otomotif

LINDUNGI BODI ELEGANNYA

-

Tingkat kecelakaan motor terbilang tinggi, faktornya tidak hanya dari pengendara yang kadang ceroboh, tapi bisa juga dari kondisi jalan atau bahkan faktor pengendara lain tak hati-hati. Kalau sampai terjadi, biasanya minimal bodi motor yang jadi korban, apalagi kalau motornya Honda PCX 150 terbaru yang bodinya besar dan elegan, pasti sayang banget deh!

Untuk mencegah kerusakann­ya parah, ada nih caranya dengan pasang crash bar yang disediakan bengkel Ihsan Motoshop di Kavling DKI Pondok Kelapa, Jl. Taman Malaka Selatan 3A, Jaktim.

“Crash bar ini bahannya pipa besi diameterny­a 3,25 inci dan tebalnya 1,5 mm ( Gbr.1). Pasangnya ke rangka di bawah karpet, bukan bertumpu di baut bodi, jadinya bisa menahan motor saat jatuh,” buka Ihsan Mulya Yusuf, owner Ihsan Motoshop.

Langsung simak aja nih cara pasangnya! Pertama lepas karet pijakan kaki dengan cara menariknya ( Gbr.2). Lalu lepas 6 baut pengikat di kanan dan kiri pijakan menggunaka­n kunci sok 10 ( Gbr.3).

Setelah itu pasang crash bar dan kencangkan menggunaka­n baut yang lebih panjang ( Gbr.4), “Pakai baut L5 yang lebih panjang, bisa yang panjangnya 3 cm,” sahut Ujang, mekanik di Ihsan Motoshop.

Jika semua baut sudah dipastikan kencang, pasang kembali karet pijakan dengan cara ditekan pada bagian pengunciny­a. “Kalau sudah pakai ini, saat jatuh gak akan kena bodi, paling kena spion atau setang aja,” tambah Ihsan yang baru menikah pada hari Minggu, 15 Juli kemarin.

Ketika posisi motor jatuh bisa dilihat kalau crash bar dengan nishing cat powder coating merah dan hitam ini bisa melindungi bagian bawah bodi ( Gbr.5). Selain itu bentuknya yang mengikuti lekukan bodi membuat crash bar seharga Rp 450 ribu ini terlihat menyatu dengan bodi PCX.

Gak mau bodinya rusak kan? Makanya pasang nih! • Fariz

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia