Otomotif

NEW KAWASAKI NINJA 250

Performa New Kawasaki Ninja 250 PIGGYBACK PC V

-

Jepri Hartono, pemilik New Kawasaki Ninja 250 yang tinggal di kawasan Pasar Baru, Jakpus penasaran dengan performa motor barunya itu, apakah bisa ditingkatk­an agar lebih responsif dan makin kencang.

Guna mewujudkan­nya, motor yang masih kinyis-kinyis ini dibawa ke bengkel Sportisi Motorsport (SM) yang berada di Jl. Tenggiri No. 4A, Rawamangun, Jaktim untuk dioprek mesinnya. Apa saja ubahan dan bagaimana hasilnya? • Aant

Menyesuaik­an ulang pasokan bahan bakar agar makin presisi setelah porting & polish serta ganti knalpot, dipasang piggyback Power Commander (PC) V lansiran Dynojet. “Ini pakai PC V milik Ninja lama, cuma butuh sedikit penyesuian saja saat pemasangan,” lanjut Koko.

Karakter sokbreker belakang Suzuki Nex II empuk banget, baik compressio­n maupun rebound sangat cepat, untuk jalan santai sih nyaman, tapi buat yang suka ngebut apalagi cornering roda belakang jadi serasa melayang karena terlalu mengayun. Solusinya?

“Bisa beralih menggunaka­n sokbreker aftermarke­t untuk menemukan handling dan style sesuai kebutuhan,” buka Kelly Nugroho, pemilik Suzuki Aria Putra, Ciputat, Tangerang Selatan.

Tapi apa sudah ada sokbreker aftermarke­t buat Nex II? Ternyata memang belum, tapi menurut Kelly bisa pakai yang aslinya untuk Yamaha Mio series.

Pilihan pertama ada produk asal Taiwan merek RPM, yang menyuguhka­n keunggulan punya setelan lengkap, ada pre-load, compressio­n dan rebound. Pakai sokbreker ini jadi bisa disesuaika­n dengan bobot dan gaya berkendara­nya. “Redamannya terasa sekali bedanya saat dipakai,” beber Kelly.

Ukuran sokbreker RPM ini panjangnya 310 mm, berbeda 10 mm dari bawaan pabrik yang 300 mm. Dan untuk pemasangan cukup mudah, seperti pada skutik pada umumnya, hanya butuh sedikit penyesuaia­n pada bagian bushing atas.

“Cuma ganti bushing standarnya dengan ukuran yang agak besar aja, bisa pakai bushing Yamaha Mio ( Gbr.1),” ungkap Kelly. Lebih lanjut, pemasangan bagian atas tinggal dikencangk­an pakai kunci ring 12 ( Gbr.2). Pada bagian bawah, tidak ada penggantia­n bushing jadi plug and play, tinggal dikencangk­an dengan kunci ring 12 ( Gbr.3).

Tampilan sokbreker berwarna gold yang dipadu tabung pada bagian atasnya ini, dibanderol oleh Kelly sekitar Rp 3 juta dengan proses inden sekitar 1 bulan.

Pilihan lain ada lansiran dari Ohlins. Tipenya TTX ukurannya 303 mm dibanderol Rp 3,7 juta ( Gbr.4).

Buat yang doyan ngebut, yuk ganti! • Fajrin

 ??  ??
 ??  ?? Piggyback pakai PC V Ninja lama
Piggyback pakai PC V Ninja lama
 ??  ??
 ??  ?? FOTO: FAJRIN
FOTO: FAJRIN
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia