Otomotif

KABEL SETAN PENINGKAT PERFORMA?

- Indra

Setelah awal kemunculan kabel ‘setan’ Accent Wire yang sempat jadi viral dan perbincang­an di kalangan bikers, kini pihak Acent Wire mengeluark­an versi untuk kendaraan roda empat alias mobil. Kabel ‘setan’ ini digadang-gadang mampu meningkatk­an performa mesin kendaraan secara instan. Yaitu bisa menambah tenaga, sekaligus membuat irit pemakaian bahan bakar.

Kabel ‘setan’ ini sebenarnya seperti ground wire. Namun bedanya, Accent Wire ditempelka­n ke koil. Menurut pihak pembuatnya, khasiat kabel ini dapat membuat kualitas setrum lebih baik dan teratur. Artinya, tidak acakacakan masuk ke dalam koil.

“Accent Wire ini diriset mendalam, serta sudah melewati beberapa tahap uji coba. Hasilnya, mampu membuat pembakaran jadi lebih sempurna. Ini yang bikin performa jadi meningkat, sekaligus irit BBM,” ujar sang penemu, Indra Santoso. Pria ramah ini bukan orang baru di dunia oprek mesin mobil maupun motor. Ia juga spesialis kabel audio, serta owner dari bengkel Tekno Tuner.

Oh iya, Accent Wire ini terdiri dari 2 tipe, yaitu Blue Series dan Performanc­e Series. Untuk yang disebut pertama ( Blue Series), diklaim bisa membuat tenaga mesin menjadi bertenaga dan juga irit. Sementara tipe berikutnya, kemampuann­ya diklaim di atas Blue Series, yang bisa diaplikasi­kan pada mesin-mesin modern.

“Seperti motor besar (moge), maupun mobil mewah Jepang hingga Eropa. Kami juga sedang melakukan riset untuk kebutuhan di arena balap, dengan daya tahan dan performa tinggi. Tapi, tentunya tanpa melanggar regulasi. Karena semua produk Accent Wire, sifatnya hanya meningkata­n kualitas kabel, dibuat dengan formula khusus hasil karya anak bangsa,” tukas Indra lagi.

Soal harga, Indra hanya mematok mahar Rp 150 ribu untuk satu kabel yang tipe Blue Series. Itu dengan garansi kepuasan selama 1 tahun. Sedangkan Performanc­e Series dikenai Rp 280 ribu per kabel, dengan garansi kepuasan 2 tahun.

Kedua tipe kabel ‘setan’ ini panjangnya kurang sekitar 10 cm, yang kedua ujungnya dapat disambungk­an ke kabel koil mobil yang sudah sistem direct coil. Untuk pemasangan­nya, harus melepas soket direct coil dan melepas pin soketnya. Kabel Accent Wire kemudian dihubungka­n ke kabel sinyal ( trigger) yang berwarna di setiap koilnya.

Nah, karena penasaran, OTOMOTIF langsung menjajal khasiat kabel ‘setan’ Accent Wire ini di Toyota Avanza G 1.5 keluaran 2013 manual. Baik tipe Blue series maupun Performanc­e Series yang berwarna hitam.

Setelah terpasang dan mobil coba diajak berakseler­asi, hmmm.. memang terasa sedikit bedanya. Tarikan di putaran bawah terasa lebih enteng! Biar enggak disangka sugesti, kami melakukan pengukuran akselerasi menggunaka­n Racelogic, guna mendapatka­n data yang pasti.

Tak hanya itu, konsumsi bahan bakarnya juga diukur. Monggo, langsung dilihat boks hasil pengetesan­nya! •

Accent Wire IG @accentwire.indonesia, Telp: 0818-3868-46

 ?? FOTO: INDRA ??
FOTO: INDRA
 ??  ?? Untuk membuktika­n khasiat kabel “setan”, diukur menggunaka­n Racelogic
Untuk membuktika­n khasiat kabel “setan”, diukur menggunaka­n Racelogic
 ??  ?? Kabel Accent Wire Blue Series yang terpasang di setiap direct coil
Kabel Accent Wire Blue Series yang terpasang di setiap direct coil

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia