Otomotif

MAINTENANC­E ANAK SEJAK DINI

- Alexander Vlaskamp

Perkembang­an teknologi tidak bisa dihindarka­n bahkan ditolak, jika tidak menggunaka­nnya dengan bijak, maka lambat laun justru teknologi membuat kita tidak produktif dan terlena. Apalagi terhadap anak, perlunya maintenanc­e sejak dini terhadap anak sehingga tidak jadi candu khususnya pada smartphone. Nah, Alexander Vlaskamp punya tipsnya.

Menurut pria yang menjabat sebagai Senior Vice President Truck Sales and Marketing Scania ini, cara yang paling ampuh untuk menjaga anak agar tidak candu gadget adalah melarang untuk menggunaka­nnya secara bertahap.

Ia berujar, percobaann­ya saat makan pagi dan malam. Dimana anak tidak boleh menggunaka­n gawai mereka saat makan. Ketika itu berhasil, maka ia menambah aturan tersebut saat bersama keluarga seperti menonton lm, bernyanyi ataupun mengobrol bersama. Sehingga, anaknya terbiasa untuk tidak menggunaka­n gadget jika tidak penting.

“Saya punya dua anak perempuan yang masih berumur belia. Masing-masing berumur 15 dan 17 tahun. Tentu perlunya perhatian lebih soal penggunaan smartphone,” terang pria yang memperoleh gelar sarjana sains di bidang otomotif dari Hogeschool van Arnhem en Nijmegen (HAN) pada 1995 tersebut.

Ia juga menambahka­n, mengalihka­n ketertarik­an anak soal gadget bisa dengan pengenalan ragam kultur budaya dari setiap negara. Pengalaman berkelilin­g negara Eropa maupun Asia membuat modalnya cukup untuk memberikan pemahaman kayanya budaya dan kultur tiap negara.

Selain itu, banyak sekali karakter positif yang bisa diajarkan kepada anaknya dari hal tersebut. Contohnya di Indonesia, orangnya sangat ramah dan demokratis. “Saya yakin Indonesia akan maju karena masyarakat­nya mempunyai jiwa sosial yang tinggi,” jelas pria yang gemar mengoleksi mainan truk ini.

 ?? FOTO: SGT ??
FOTO: SGT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia