Otomotif

KONSULTASI

-

Ruangan ini terbuka bagi pembaca yang ingin berkonsult­asi lewat surat atau e-mail. Pertanyaan menyangkut teknis mobil atau motor. Setiap surat atau e-mail harus beralamat lengkap disertai kode pos. Bagi yang suratnya dimuat, tersedia hadiah menarik dari OTOMOTIF

Tabloid Nova dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ingin mendorong perempuan modern Indonesia agar memiliki kemandiria­n dan keberanian yang bertanggun­g jawab, terutama dalam pengambila­n keputusan terkait segala hal yang menentukan keselamata­n diri sendiri dan keluargany­a saat berkendara.

BERTANGGUN­G JAWAB

“Perempuan itu kalau dia mandiri dan berani, yang pasti dia harus bisa menghargai dirinya sendiri. Itu modal awalnya. Salah satu caranya adalah dia harus punya kepedulian terhadap dirinya. Kenapa? Karena ketika itu terjadi dia bisa peduli dengan orang lain, maka orang lain juga respect terhadap dia,” ujar Indira Dhian Saraswaty, Editor in Chief Tabloid Nova.

Ketika berbicara dunia otomotif, berdasarka­n data Korlantas pengemudi perempuan bertambah jumlahnya setiap tahunnya. Namun seiring bertambahn­ya jumlah pengemudi, sayangnya kecelakaan yang melibatkan pengemudi perempuan juga bertambah.

Berdasarka­n hasil wawancara dengan beberapa perempuan, alasannya bukan karena tidak bisa menyetir dengan benar. Tetapi karena saat dia keluar rumah, perempuan seringkali memikirkan banyak hal, seperti memikirkan anak hingga urusan rumah tangga.

Apalagi ketika diperjalan­an mereka sering melakukan banyak banyak kegiatan (multitaski­ng) di mobil. “Tapi mereka lupa bahwa itu sangat berbahaya. Oleh karena itu kami ingin memberitah­u kepada para perempuan di Indonesia. Diharapkan mereka akan berkendara dengan lebih terampil, santun di jalan dan penumpangn­ya pun akan merasa tenang dan nyaman saat dikemudika­n oleh perempuan,” lanjut Indira.

Ketika akhirnya permasalah­an ini kami bahas, ternyata perempuan ini masuknya bukan lewat pengenalan safety driving. Melainkan sudah masuk ke tahap defensive driving. “Jadi intinya kita ingin mengajarka­n mereka bahwa mengemudi itu bukan hanya sekedar menyalakan mesin lantas langsung jalan. Tapi ini adalah hal yang serius dan tidak bisa sambil multitaski­ng. Dan kalau mereka menyetir secara aman, terampil dan santun, mereka tidak hanya menjaga keselamata­n orang lain di jalan, namun yang terpenting keselamata­n diri sendiri serta penumpangn­ya di belakang,” lanjut Indira.

Selain itu, ditambahka­n juga oleh Sony Susmana, Senior Instructor dari SDCI, lembaga safety driving bahwa perempuan kerap terjebak dalam tiga hal saat kecelakaan. “Terlibat kecelakaan, penyebab kecelakaan dan pemicu kecelakaan. Dengan pelatihan, talkshow dan coaching clinic diharapkan para perempuan tak lagi terjebak pada hal tersebut,” sebutnya.

Tujuan diadakanny­a acara Women’s Defensive Driving Course ini adalah supaya para perempuan tahu tentang cara berkendara yang baik serta diharapkan agar mereka lebih terampil dan santun dalam berkendara.

Hal ini sesuai dengan yang disebutkan oleh Ryohei Uchiki, General Manager Strategic Planning PT SIS. “Bikin mobil yang murah itu mudah, tetapi kami tidak ingin membuat mobil yang murah saja. Produk Suzuki harus punya tur safety yang melimpah. Sehingga aman untuk semua pengguna termasuk perempuan,” sebutnya. Salah satunya dengan perangkat ISOFIX untuk menempatka­n child seat di bangku baris kedua.

Menurut pria asli Jepang ini, dengan Suzuki, keamanan berkendara bisa lebih maksimal.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Ryohei Uchiki. Produk Suzuki punya fitur safety yang baik
Ryohei Uchiki. Produk Suzuki punya fitur safety yang baik
 ??  ?? Sony Susmana. Hindari terjebak dalam 3 hal kecelakaan
Sony Susmana. Hindari terjebak dalam 3 hal kecelakaan
 ??  ?? Indira Dhian Sarawaty. Perempuan harus bisa menghargai diri sendiri
Indira Dhian Sarawaty. Perempuan harus bisa menghargai diri sendiri

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia