Otomotif

KENAPA KAWASAKI TAK JUALAN MATIK DAN BEBEK?

- konsultasi.r2@gmail.com ASUHAN :AANT

Selamat pagi, Mas Aant. Saya penasaran kenapa Kawasaki tidak memproduks­i motor matik atau motor bebek ya? Padahal kompetitor lain memproduks­i dan pangsa pasar sangat besar peminatnya. Apakah ada alasan tertentu? Terima kasih.

Iwan

Griya Permata, Tangerang 15147

Selamat pagi juga Mas Iwan. Kenapa Kawasaki saat ini tidak jual matik dan bebek lagi di Indonesia? Jawabannya menurut yang pernah saya tanyakan langsung ke pihak Kawasaki, memang mereka lebih fokus bermain di segmen menengah ke atas. Maka jangan heran jualannya

di atas Rp 25 juta sampai ratusan juta rupiah.

Mengapa lebih memilih menengah ke atas? Ini juga ada alasannya, bertempur di zona matik kecil dan bebek bisa dibilang berdarahda­rah, sangat sengit sampai banting-bantingan harga lewat diskon dan uang muka juga harus main volume, yang mana juga harus punya pabrik besar dan melibatkan jaringan yang banyak serta dukungan lembaga pembiayaan yang kuat. Nah 2 hal terakhir itu seperti kita tahu Kawasaki kalah dibanding Honda dan Yamaha.

Makanya tepat kalau Kawasaki lebih memilih kelas menengah ke atas, yang mana dengan jualan lebih sedikit pun bisa dibilang untungnya tak kalah jauh, karena dari jualan satu unit bisa sama dengan jualan beberapa unit skutik kecil di merek lain. Gitu Mas Iwan!

 ?? FOTO: AANT ??
FOTO: AANT
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia