Otomotif

FLAT TRACKER ICON BAN

- • Fariz

Memodi kasi motor selain untuk memenuhi kepuasan pemilik, bisa juga untuk dijadikan icon sebuah brand. Seperti Akhmad Nursyamsu yang memodi kasi Suzuki Thunder 250 miliknya guna dijadikan display untuk ban Corsa Platinum Cross S.

“Tadinya pengen modif untuk sendiri, tapi dipikir-pikir kenapa gak sekalian aja untuk icon. Karena kebetulan ada ban baru dengan segmen dual purpose, cocok untuk gaya Flat Tracker,” ujar Achu sapaannya yang merupakan Head of Brand Activation & Sport Activity PT. Multistrad­a Arah Sarana Tbk.

Agar hasil modi kasi Flat Tracker maksimal, motor lansiran 2012 ini dikirim ke bengkel Lawless Garage Jakarta yang berada di Gandul, Depok. “Sub frame belakang kita ubah untuk menyesuaik­an sok Ohlins dan proporsi untuk buntut Flat Trackernya,” buka Yusuf Abdul Jamil, owner Lawless Garage Jakarta.

Sub frame barunya ini menggunaka­n pipa baru yang di- roll, kemudian dudukan sok atas dibuat lebih maju, “Supaya Tail Flat Tracknya lebih pendek dari wheelbase motor, karena kita bikin side cover seolah jadi satu sama buntut. Jadi enggak kepanjanga­n lihat buntutnya,” sambung Ucup, panggilann­ya.

Tangki bensin jadi menu wajib ketika memodi kasi motor, karena dari sini bisa terlihat tampilan ideal atau tidak dengan konsepnya. “Karena ini motornya Suzuki, jadi gue bikin menyerupai Suzuki TS100, tapi dibuat lebih kecil supaya lebih dapet aja proporsiny­a,” tunjuknya.

Di area setang tanpa dilengkapi spidometer, bahkan kunci kontak pun pindah posisi ke bawah tangki bensin sisi kiri. “Dibikin clean aja supaya enggak terlalu penuh. Sakelar semua kita ganti yang simpel, sein depan kita tanam di setang, dan sein belakang jadi satu dengan lampu rem LED yang kita tanam di frame belakang,” urai pria ramah ini. Area kaki-kakinya menggunaka­n pelek TK jari-jari, dilabur warna emas dengan lebar 3 inci di depan dibalut ban Corsa Platinum Cross S 120/8017, untuk belakang 3,5 inci dikasih ban 140/80-17. Sebagai nishing, cat dibuat simpel dengan kombinasi 4 warna merah, putih, hitam, dan pin stripe emas.

“Catnya mengikuti warna Corsa aja, dicat oleh Newface Automodi cation dan pinstripin­g- nya oleh Agung Castavo,” tutup Ucup.

Berhasil deh jadi motor icon, keren!

 ?? FOTO: RANDY ?? PAS DENGAN BAN DUAL PURPOSE
FOTO: RANDY PAS DENGAN BAN DUAL PURPOSE
 ??  ?? Ban Corsa Platinum Cross S berjenis dual
purpose cocok dengan konsep Flat Tracker LAWLESS JAKARTA GARAGE: 0817-0044-931 + Proporsiny­a pas jadi enak dilihat - Area pengereman masih standar
Ban Corsa Platinum Cross S berjenis dual purpose cocok dengan konsep Flat Tracker LAWLESS JAKARTA GARAGE: 0817-0044-931 + Proporsiny­a pas jadi enak dilihat - Area pengereman masih standar
 ??  ?? Lampu Daymaker dibuat menyatu dengan setang
Lampu Daymaker dibuat menyatu dengan setang
 ??  ?? Tambah oil cooler untuk bantu mendingink­an mesin
Tambah oil cooler untuk bantu mendingink­an mesin
 ??  ?? Ada skid plate, menguatkan kesan motor buat main tanah
Ada skid plate, menguatkan kesan motor buat main tanah
 ??  ?? Tetap safety namun simpel dengan lampu sein tertanam di ujung setang
Tetap safety namun simpel dengan lampu sein tertanam di ujung setang
 ??  ?? Buntut custom lebih pendek dengan lampu LED tertanam di rangka
Buntut custom lebih pendek dengan lampu LED tertanam di rangka

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia