Otomotif

Semua Demi Tampil Beda

TERINSPIRA­SI BIG SKUTIK JEPANG

- Fajrin

All New Honda PCX 150 dengan penjualan sekitar 17.000 unit per bulan, menjadikan­nya begitu pasaran dan mudah ditemukan di jalan. Oleh karena itu, Kun Dimas Agil Kurniawan mengubah tampilan skutik 150 cc itu biar spesial beda dari yang lain.

“Konsep ubahannya ingin membuat tampilan PCX ini jadi seperti big skutik di Jepang, tapi versi mini dengan pakai roda kecil, tapi tampilan bodi besarnya harus tetap elegan,” buka Kun Dimas yang juga punggawa bengkel modi kasi GPS Custom.

Garapannya dimulai dari sektor bodi, dicat ulang kerjasama dengan TB Airbrush pakai warna magenta dari Spies Hecker. Tidak hanya bagian bodi, beberapa area seperti dek tengah terkena aksen motif perbaduan warna magenta dikombinas­i dengan hitam dengan teknik pengerjaan­nya yang unik.

“Dikerjakan pakai teknik marble e ect, dengan menempelka­n cat pakai plastik kresek pada permukaan bodi,” beber pria yang bermarkas di Jl. Telaga Raya No. 73, Sunter Jaya, Jakarta Utara.

Kelar pengecatan, lanjut mempermani­s area kemudi. Diawali dari penggunaan setang Seven Speed yang berlapis krom termasuk handgrip dan spionnya yang menambah kesan mewah. Pemasangan setang ditambah

Jok custom dengan kulit Mbtech berkancing berlian, mewah! raiser, sehingga kendati setang lebih pendek tapi sisi ergonomi tak berubah banyak karena lebih naik.

Geser ke belakangny­a, jok dicustom , mengganti kulitnya dengan jahitan pola menyilang lalu dipertebal dan ditambah punuk untuk sandaran, baik buat pengemudi maupun pembonceng. Khusus pembonceng terpasang pada behel custom yang dikrom.

Lanjut area kaki-kaki. Bottom sok depan ganti versi aftermarke­t, demikian juga suspensi belakangny­a yang lagi-lagi pakai versi berlapis krom biar lebih mewah. Dan paling unik tentu rodanya, mengaplika­si pelek monoblock ring 12 inci ala big skutik Jepang, menyusut dari aslinya yang 14 inci. Ukurannya 1.85x12 untuk depan dan 2.50x12 di belakang. Bahkan agar ban kecil ini lebih terlihat, sampai rela sepatbor belakang dipapas. Cuma belum manjangin wheelbase aja nih!

Terakhir berbagai komponen dari logam dilapis krom semua, seperti standar, lengan ayun termasuk knalpotnya yang sudah ganti Termignoni.

Hasilnya PCX ini berhasil tampil beda karena jadi kuntet tapi juga lucu dan makin elegan. •

 ?? FOTO:RIZ KY ??
FOTO:RIZ KY
 ??  ?? + Finishingn­ya rapi! - Untuk penggunaan harian, pasang pelat nomor aslinya ya! GPS CUSTOM: 0821-1402-8182 Motif pada dek tengah dibuat dengan teknik marble effect
+ Finishingn­ya rapi! - Untuk penggunaan harian, pasang pelat nomor aslinya ya! GPS CUSTOM: 0821-1402-8182 Motif pada dek tengah dibuat dengan teknik marble effect
 ??  ?? Rela potong sepatbor belakang agar ban lebih kelihatan ala big skutik Jepang
Rela potong sepatbor belakang agar ban lebih kelihatan ala big skutik Jepang
 ??  ?? Serba dikrom dari standar, knalpot, lengan ayun sampai kalipernya
Serba dikrom dari standar, knalpot, lengan ayun sampai kalipernya
 ??  ?? Area kemudi dipermanis dengan setang Seven Speed
Area kemudi dipermanis dengan setang Seven Speed
 ??  ??
 ??  ?? Pakai pelek monoblock 12 inci membuatnya tampak imut
Pakai pelek monoblock 12 inci membuatnya tampak imut

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia