Otomotif

RACING TAPI OGAH PEGAL

- Fariz

Modi kasi bergaya racing khasnya dengan menaikkan performa mesin, pasang disc brake besar dan aplikasi ban soft compound. Juga dibarengi posisi berkendara yang racy, dengan setang pendek merunduk dan kaki ‘nangkring’, tapi efeknya bikin badan pegel kalau dipakai sehari-hari. Terlanjur suka gaya itu tapi ogah pegal, Ihsan Mulya Yusuf pemilik Yamaha NMAX lansiran tahun 2015 ini mengombina­sikannya dengan aliran turing.

Aliran turingnya paling terasa dari penggunaan setang fatbar yang lebih lebar dan tinggi dibanding setang bawaan. “Pakai setang Pro Tapper biar posisi berkendara­nya lebih enak, manuver juga lebih ajib,” ujar Ihsan sapaannya.

Lalu agar lebih aman dari terpaan angin, windshield memakai produk Sect Bill yang lebih tinggi, lengkap dengan bracket windshield Serpo yang bisa disetel posisinya.

Area penerangan juga jadi hal wajib untuk kebutuhan turing, seperangka­t lampu tambahan pun dipasangka­n. “Lampu utama pakai Mazda CX-5. Foglamp yang nempel di sein pakai LED Fortuner VRZ dikombinas­i sama lensa foglamp Hella. Di sepatbor tambah 2 foglamp tambahan lagi merek Ultra re 10 watt,” tunjuk Ihsan yang juga pemilik bengkel Ihsan Motoshop di Kavling DKI Pondok Kelapa, Jl. Taman Malaka Selatan 3A, Jaktim.

Sisi racing terlihat dengan penggunaan double disc brake berkaliper Brembo 4 piston di roda depannya, “Pelek standar dicor dan dibaut untuk dudukan cakram kiri. Untuk dudukan kaliper kiri tabung sok bawaannya dicor trus bikin bracket kaliper dari aluminium,” sebutnya.

Agar NMAX bisa ngacir saat dipakai turing, kapasitas mesin ditingkatk­an, “Pakai bore up kit 183 cc dari TDR, jadi turing gak ketinggala­n. Area CVT juga pakai TDR mulai dari variator, kampas kopling, sampai gigi rasio,” urai Ihsan yang menggunaka­n sok belakang Ohlins dan ban Battlax.

Sentuhan racing makin kuat dengan airbrush gra s helm Shoei X-spirit III milik pembalap Motogp Marc Marquez, “Gra snya bagus dan gak pasaran, karena belum banyak yang pakai,” tutup Ihsan yang sudah memakai NMAX-NYA hingga Bali.

Racing tetap nyaman nih! •

 ?? FOTO:FARIZ ??
FOTO:FARIZ
 ??  ?? IHSAN MOTOSHOP: 0898-9107-358
IHSAN MOTOSHOP: 0898-9107-358
 ??  ?? Lampu-lampu copotan mobil nempel di NMAX, cahayanya sadis! + Pemasangan aksesori sesuai peruntukan gak berlebihan - Warna cover filter gak nyambung
Lampu-lampu copotan mobil nempel di NMAX, cahayanya sadis! + Pemasangan aksesori sesuai peruntukan gak berlebihan - Warna cover filter gak nyambung
 ??  ?? Setang fatbar bikin posisi berkendara lebih nyaman
Setang fatbar bikin posisi berkendara lebih nyaman
 ??  ?? Knalpot pakai Black Devil Premium dengan silencer chrome, suaranya adeemmm…
Knalpot pakai Black Devil Premium dengan silencer chrome, suaranya adeemmm…
 ??  ?? Tabung sok dan pelek dicor agar biar terpasang double disc brake
Tabung sok dan pelek dicor agar biar terpasang double disc brake
 ??  ?? Lampu belakang LED JPA modelnya mirip kakaknya, Yamaha XMAX
Lampu belakang LED JPA modelnya mirip kakaknya, Yamaha XMAX

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia