Otomotif

TERINSPIRA­SI SCRAMBLER DUCATI

- Fajrin

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS memiliki desain agresif khas naked bike, bagi sebagian besar pemiliknya suka karena gagah dan keren. Tapi beda dengan Cendikia Mega Putra, yang ternyata bosan dan berkeingin­an merombak jadi beda aliran.

Enggak pakai lama, Cendikia yang biasa dipanggil Dicky ini langsung merombakny­a bersama temanteman­nya di Batak Kastem. “Acuannya Scrambler Ducati, tetapi secara penerapan tidak sama persis, hanya mengacu pada konsepnya yang bisa menjelajah di dua alam,” ujar Dicky yang juga admin di Batak Kastem.

Menariknya, dalam prosesnya tak banyak “merusak” bagian asli motor asal India ini. “Kami mempertaha­nkan rangka bawaan, hanya menanggalk­an bodi, kondom tangki dan lampulampu­nya,” beber Abraham Simatupang punggawa Batak Kastem yang berada di Pamulang Estate, Pamulang, Tangsel.

Sebagai gantinya, dibuatkan bodi baru berbahan pelat galvanis 1,2 mm yang dikerjakan dengan dikenteng. Bahan yang sama juga dipakai untuk bikin kondom tangki baru, yang lebih membulat tanpa shroud dan sepatbor mungil di kedua roda. Selanjutny­a Abram, sapaan Abraham bikin jok custom memanjang cukup tebal yang dibalut kulit sintetis, hasilnya posisi berbonceng­an jadi bisa nempel, beda dengan bawaan Pulsar yang berundak sehingga berjauhan. Bagian perintilan juga dirombak biar konsep scrambler lebih kuat. Seperti penyematan setang lebar lansiran Yamaha Byson, yang di depannya tertanam lampu bulat LED dari Daymaker.

Selanjutny­a pasang skid plate untuk melindungi mesin dari lontaran batu dari roda depan, yang sudah dipasangi ban dual purpose dari Primaax SK68 King Cross berukuran 4.00-17 untuk depan dan belakang, yang membalut pelek asli Pulsar. Performa juga sedikit ditingkatk­an, Dicky mengganti perangkat gas buang standar model underbelly pakai versi custom hasil karya BK yang berbahan stainless steel.

Nah sudah sukses tampil beda deh! •

BOSAN DENGAN NAKED BIKE YANG AGRESIF

 ?? FOTO:RANDY ??
FOTO:RANDY
 ??  ??
 ??  ?? Setang lebar meningkatk­an kenyamanan berkendara
Setang lebar meningkatk­an kenyamanan berkendara
 ??  ?? Headlamp Daymaker yang dipadukan windscreen mungil
Headlamp Daymaker yang dipadukan windscreen mungil
 ??  ?? Jok custom dengan busa tebal
Jok custom dengan busa tebal
 ??  ?? Knalpot berbahan stainless steel karya Batak Kastem
Knalpot berbahan stainless steel karya Batak Kastem
 ??  ?? Tangki custom didesain lebih membulat dibalut warna yang cerah
Tangki custom didesain lebih membulat dibalut warna yang cerah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia