Otomotif

BIKIN PENGEREMAN MAKIN MAKSIMAL!

- Rangga

Perangkat pengereman bawaan pabrik Yamaha V-ixion sebenarnya cukup untuk mengurangi laju. Namun buat yang doyan kencang banyak yang melakukan upgrade, atau bisa juga ganti karena usia sehingga kinerjanya tak maksimal lagi.

Penggantia­n itu misal pakai master rem Nissin versi aftermarke­t atau sekalian Brembo, yang biasa ditemukan pada motor besar. Salah satu yang bisa diaplikasi Brembo RCS 14.

“Tipe ini model universal, banderolny­a lebih murah jika dibandingk­an tipe highend seperti RCS19 atau Corsa Corta. Bedanya ada pada diameter pistonnya,” terang Trisno dari workshop Digioto sambil bilang harganya Rp 3,5 juta.

Brembo RCS series sendiri kon gurasi pompanya bersifat radial. Berarti tuas master remnya searah dengan pompanya. Hal ini membuat feel pengereman lebih presisi.

“Kualitas sil master rem RCS pada Brembo sudah race proven, tetap konsisten walaupun dibejek atau ditekan sekuat apapun,” terang Trisno yang beralamat di Jl. Raya Pos Pengumben No. 43B, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Lantas, bagaimana pemasangan­nya? Pertama tentu copot master standar. Eiits jangan lupa untuk mengosongk­an minyak rem baik yang ada di reservoir maupun pada sistem. Kemudian copot selang rem, akan lebih baik apabila sekalian ganti selang rem dengan model braided. Sedangkan kalipernya masih dapat memakai perangkat bawaan.

Selanjutny­a untuk memasang master rem RCS 14, dudukan atau braket belakangny­a tidak bisa memakai bawaan V-ixion. Gantinya, menurut Agvendri Hassan, mekanik Digioto, dapat menggunaka­n dudukan milik Yamaha Mio ( Gbr.1).

Setelah posisinya disesuaika­n dengan tangan pengendara, kencangkan bautnya pakai kunci T8. Kemudian, pasang selang karet yang menghubung­kan master dengan reservoir ( Gbr.2). “Bisa pakai selang karet untuk rem, ukuran disesuaika­n saja,” ujar Aphen panggilan akrabnya.

Tinggal pasang reservoir minyak remnya, hanya saja karena tidak disediakan bersama dengan master rem, jadi harus dibeli terpisah. Ada beberapa merek seperti Brembo, KTC atau RCB.

Selanjutny­a tinggal isi minyak rem ( Gbr.3) dan pompa hingga minyak rem masuk ke seluruh sistem, dan jangan lupa buang udara yang terjebak lewat nipel di kaliper.

Switch rem jangan lupa dipasang, kabelnya bisa pakai standar tapi harus disambung ulang. Nah beres deh! Dijamin pengereman makin pakem! •

 ?? FOTO: RANGGA ??
FOTO: RANGGA
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia