Otomotif

KNOWLEDGE JANGAN YANG MALAH MENUTUPI

Memilih Pelindung Radiator

- Aant

Pelindung atau biasa disebut cover radiator, fungsinya jelas agar untuk melindungi kisi-kisi radiator agar tidak rusak akibat lontaran benda asing, misal kerikil dari roda depan. Jika kisi-kisi rusak, misal bengkok, maka proses peralihan panas ke udara bebas jadi terhambat, karena embusan angin tak bisa lancar melewati kisi-kisinya.

Lantaran begitu pentingnya pelindung radiator itu, maka memang sangat perlu menambahka­nnya di motor kesayangan, apalagi jika posisi radiator yang di belakang roda depan dan jalan yang dilalui memang banyak pasir atau batu kecil. Kendati begitu, mesti pintar memilih cover radiator, karena kalau salah efeknya malah bahaya.

“Yang bagus adalah yang lubangnya banyak dan cenderung mengamanka­n sirip-siripnya, bukan menutupi. Pilih yang pakai kawat kasa tapi agak besar lubangnya,” terang Endro Sutarno, Technical Service Division PT. Astra Honda Motor. “Beberapa merek ada yang hampir menutupi, itu tidak recommende­d. Baiknya pilih yang sirkulasin­ya tetap baik,” imbuh Ridwan Ari n dari bengkel RYZ Motor di Jati Asih, Bekasi.

Jika salah pilih, maka efeknya pendingina­n jadi tak maksimal dan malah bisa sampai mengakibat­kan mesin overheat. Dan kalau sudah overheat, efek beruntunny­a bisa dari performa menurun sampai piston macet. Pokoknya jangan sampai terjadi deh! Jadi yuk pasang cover radiator tapi pilih yang konstruksi­nya benar. •

 ?? FOTO:AANT ??
FOTO:AANT
 ??  ?? Pilih cover radiator yang tak menutupi udara yang akan masuk
Pilih cover radiator yang tak menutupi udara yang akan masuk
 ??  ?? Ini salah satu contoh cover radiator yang konstruksi­nya salah, jangan dipakai!
Ini salah satu contoh cover radiator yang konstruksi­nya salah, jangan dipakai!
 ??  ?? Kisi-kisi radiator harus bersih agar sirkulasi udara tetap lancar
Kisi-kisi radiator harus bersih agar sirkulasi udara tetap lancar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia