Otomotif

UPGRADE PERFORMA HONDA CBR150R.

TENAGA NAIK 60%

- Fariz

Bosan bisa pada berbagai hal, termasuk pada performa tunggangan. Seperti yang dialami Septian Dwi Hadiwinoto, “Bosan larinya lambat, makanya mending bore up aja deh, lagipula limiter standarnya juga pendek banget,” bukanya.

Pengerjaan obat bosan itu diserahkan ke bengkel Jems Sparraw yang berada di Jl. Flores V No. 39, Aren Jaya, Bekasi Timur. Yuk lihat oprekannya.

Setiap beraktivit­as menggunaka­n motor, pastinya ada saja jenis noda dan kotoran yang singgah di bodi. Contohnya yang ngeselin jika ada noda aspal, karena sulit dibersihka­n dan bikin jelek tampilan apalagi di bodi berwarna putih. “Cipratan noda aspal menjadikan permukaan bodi jadi kasar dan sulit dibersihka­n. Pembersiha­nnya sebaiknya jangan asal atau dipaksakan bersih, karena bisa membuat cat lama-lama jadi kusam,” buka Andry Rinaldi dari Soul Wash. Lalu bagaimana cara yang benar? Kalau mau coba sendiri bisa, caranya diajarkan langsung oleh Andry yang bermarkas di Jalan Cinere Raya, Depok, Jawa Barat.

Langkah pertama harus cuci sampai bersih dulu motornya. Selanjutny­a, untuk membersihk­an aspal bisa dioles pakai bensin, cairan khusus Bug and Tar Remover seperti produk Turtle Wax (Gbr.1) yang banderolny­a sekitar Rp 69 ribu, atau pakai ramuan khusus seperti buatan Soul Wash. Cara pakainya menggunaka­n potongan busa dan dioles ke permukaan bodi yang terkena noda aspal (Gbr.2).

“Kemudian usap menggunaka­n jari secara vertikal atau horizontal pada permukaan bodi yang kotor, dan disarankan jangan memutar karena noda aspal tersebut tidak akan terangkat (Gbr.3),” wanti Andry.

Terakhir bersihkan sisa noda dan cairan menggunaka­n kain bersih yang sudah dibasahkan secara perlahan (Gbr.4). Dan terlihat hasilnya jadi bersih tanpa merusak bodi (Gbr.5). Enggan capai? Serahkan saja dengan menu cuci steam serta wax ke Soul Wash dengan biaya untuk skutik Rp 25 ribu, Maxi Scooter Rp 30 ribu, Sport Rp 35 ribu, Moge Rp 50 ribu dan Moge ukuran XL Rp 75 ribu. •

Soul Wash: 0812-9005-6661

TDR juga menyajikan variator untuk Yamaha NMAX dengan tipe racing touring dengan bushing variator yang lebih panjang 2 mm. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan, “Desain pulley TDR set dengan sudut khusus, meningkatk­an rotasi belt untuk keperluan kecepatan tinggi seperti touring,” papar Jeffry Williar selaku Manager Marketing TDR Industries. Variator TDR ini punya sudut kemiringan 14 derajat.

“Terbuat dari bahan teflon untuk membuat roller mudah bergerak untuk meningkatk­an akselerasi. Dan di- develop dengan bahan berkualita­s tinggi yang mudah melepaskan panas dan lebih tahan lama 3.000 kilometer non-stop,” imbuhnya. Roller- nya berbobot 10 gram.

Setelah dites, pakai TDR NMAX mampu menghasilk­an tenaga maksimal 10,85 dk dengan torsi 11,44 Nm, torsi lebih besar dari standarnya. “Efeknya rpm atas sangat panjang, cocok buat yang suka touring,” ujar Imam mekanik Sportisi.

Jika berminat cukup sediakan kocek Rp 933 ribu, sudah dapat pulley dan roller dari TDR Technology Center yang berada di bilangan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kawahara: 0813-8968-9992 TDR: 0877-7647-9880 Scooter VIP: 021-82733333

 ?? FOTO: FARIZ ??
FOTO: FARIZ
 ?? FOTO: FAJRIN ??
FOTO: FAJRIN
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia