Otomotif

BUKAN ASAL PILIH SAJA

-

Dalam pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakpus (18/8) Presiden Joko Widodo diceritaka­n tersendat rombongan penonton untuk menuju Senayan. Alhasil, Presiden Jokowi memutuskan untuk menggunaka­n Yamaha FZ1 milik Paspampres untuk menerobos kemacetan.

Aksi akrobatik dengan melompati mobil towing, burn out di area SUGBK dan aktif di panggung utama sangat mencengang­kan sampai akhirnya Presiden pun hadir dengan lambaian tangan di panggung utama. Hal ini pun diceritaka­n Wishnutama, Creative Director Pembukaan Asian Games.

“Saat saya menceritak­an ide ini dengan bapak (Presiden Jokowi) beliau orangnya asyik jadi cukup mudah mengutarak­an skenario ini di sela kesibukann­ya,”tutur Wishnutama. Dalam aksinya tersebut, jelas saja ada stunt rider yang menggantik­an sosok Presiden Jokowi dengan aksi-aksi akrobatikn­ya.

Ternyata stunt rider tersebut berasal dari Thailand yang bernama Saddum So. Sosoknya sempat viral ketika ia mengunggah foto saat menggantik­an peran Presiden Jokowi dan foto mendapat ribuan likes yang kebanyakan dari Indonesia.

Banyak yang bertanya, ‘kenapa bukan stunt rider Indonesia yang menggantik­an peran Presiden Jokowi tersebut?’. Kebanyakan warganet menawarkan sosok Wawan Tembong misalnya, stunt rider asal Boyolali, Jateng tersebut. Sebab, Wawan juga sering meraih gelar juara dan diberikan label sebagai stunt rider terbaik se-asia Tenggara saat ini.

Alasan pertama, bentuk badan Wawan Tembong terlalu besar untuk menggantik­an peran pria 57 tahun tersebut. Alhasil akan terlihat aneh jika memaksakan Wawan yang menggantik­an peran tersebut.

Kenapa tidak pakai stunt rider Indonesia yang lebih kurus saja? Ini bisa, namun akan terlalu terekspos ke masyarakat luas jika digantikan oleh stunt rider Indonesia yang berbadan kurus dan tidak menjadi hal yang mengejutka­n jutaan mata.

Seperti dikutip dari Gridoto. com, bahwa Wawan Tembong sendiri sebenarnya pernah ditawari untuk menjadi stunt rider di Asian Games 2018 tersebut. Namun tidak disebutkan secara spesifik untuk menjadi pemeran pengganti Presiden Jokowi. Hanya disebutkan untuk membintang­i suatu iklan Asian Games saja.

Lalu aksi Saddum So yang juga pernah menjadi lawan tangguh Wawan Tembong di beberapa ajang stunt ride memang terbilang di atas rata-rata. Kerja sama dengan Thailand yang juga punya peran dalam suksesnya Asian Games jadi alasan diplomatis agar Negeri Gajah Putih yang awalnya menjadi tuan rumah Asian Games 2018 tetap memiliki andil meskipun kecil. • DAB

 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI
 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia