Otomotif

Manfaatkan Ruang Pintu

- Rindra

Aktifitas yang sangat digemari para off-roader atau four wheel driver, yaitu berpetuala­ng di alam bebas. Seperti camping atau adventure, yang kadang memakan waktu berhari-hari. Makanya, sudah pasti barang bawaan dan hal yang dilakukan pun segambreng.

Imbasnya, kabin mobil pun penuh barang hingga nyelip-nyelip kebagian kosong. Memang sih packing barang-barang bawaan selama off-road atau camping, punya kenikmatan sendiri.

“Atur management barang saat pergi off-road dua minggu, seperti ajang IOX misalnya, pasti banyak yang mesti kita bawa. Maknya suka terkendala dengan ruang. Jadi, harus kreatif deh buat memanfaatk­an tempat buat simpan barang,” tutur Wahyu Lamban saat bikin mobil ekspedisi pertama kali.

Banyaknya barang yang dibawa memang butuh ruang atau komparteme­n barang. Salah satu panel bodi yang bisa dimanfaatk­an untuk tempat barang, adalah pintu. Caranya, yaitu memodifika­si door trim bawaan mobil, dengan menambahka­n kantungkan­tung kecil.

Seperti pada kendaraan off-road milik Vinan Sitompul ini. “Sengaja door trim CJ-7 saya ini dijadikan tempat barang. Jadi barang atau peralatan yang akan sering saya gunakan mudah diakses,” ucapnya.

Memang sih barang yang akan disimpan di panel pintu ini, tidak bisa yang berdimensi besar, karena pasti akan mengganggu akses dan fungsi pintu. Namun cukup membantu tata ruang kabin.

BISA BUAT MASAK

Selain buat komparteme­n barang, pintu juga bisa dimanfaatk­an untuk menunjang kegiatan selama di alam bebas. Rata-rata kendaraan 4x4 atau off-road, pasti punya pintu belakang yang cukup besar dimensinya. Apalagi pintu belakang yang one piece atau satu bagian.

Untuk aktifitas off-road berdurasi panjang atau camping, umumnya bakal cukup sering melakukan masak-masak. Nah pintu ini bisa dijadikan sarana untuk dapur dadakan.

“Dari pada harus buka atau turunin meja, cara seperti ini jadi gampang dan praktis kalau mau masak,” ucap Wawan Dalbo, yang ketika ditemui tengah masak makanan siang di suatu ekspedisi off-road. Dengan begini, pintu kendaraan anda jadi lebih serba guna deh!

Selain itu, setiap panel pintu lazimnya punya ruang di dalamnya. Ruang ini bisa dimanfaatk­an untuk komparteme­n barang tambahan. “Ruang di dalam pintu itu cukup besar, jadi manfaatin saja buat meletakkan barang,” ucap M. Basri, yang memanfaatk­an ruang pintu belakang buat tempat barang.

Tapi, ruang pintu yang bisa digunakan hanya pada pintu yang jendelanya tidak bisa dibuka, seperti pintu bagian belakang. Karena ruang dalam pintu tidak akan terganggu. Sedangkan pintu kanan kiri tidak bisa dimanfaatk­an, karena ruang pintu harus kosong untuk gerak kaca naik dan turun. •

 ??  ??
 ??  ?? Panel door trim asli, diganti dengan yang sudah di custom untuk komparteme­n barang. Ukuran tempat barang bisa disesuaika­n bentuk pintu atau kebutuhan
Panel door trim asli, diganti dengan yang sudah di custom untuk komparteme­n barang. Ukuran tempat barang bisa disesuaika­n bentuk pintu atau kebutuhan
 ?? FOTO : DOK. JIP ?? Ruang pintu belakang bisa dijadikan tempat barang yang cukup ideal
FOTO : DOK. JIP Ruang pintu belakang bisa dijadikan tempat barang yang cukup ideal
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia