Otomotif

RITME APIK OTT TANAK

-

Usai meraih kemenangan di World Rally Championsh­ip ( WRC) Finlandia (26-29/8) lalu, Ott Tanak dari Toyota Gazoo Racing kembali meraih kemenangan di WRC Jerman (16-19/8). Bagi pereli asal Estonia kemenangan ini sebagai momentum yang baik.

Ia meraih podium utama di Finlandia dan Jerman secara beruntun. Ini kemenangan kedua baginya di WRC Jerman yang juga ia gapai tahun lalu. Sehingga menjadi momentum bagus bagi Ott Tanak untuk bisa memperbaik­i posisinya di klasemen sementara.

“Ini menjadi kemenangan tersulit dan juga paling memuaskan. Saya menjalani setiap SS ( special stage) dengan cara yang tidak mudah. Apalagi SS di Sabtu saat ada beberapa kendala teknis, namun tim bekerja dengan sangat baik,” tutur Tanak.

Kemenangan kali ini juga menjadi kemenangan pertama bagi Toyota di reli Jerman. Sejak pertama kali menggelar WRC di 2002 silam, kemenangan selalu didominasi Citroen dan beberapa merek Eropa.

Alhasil, Toyota sangat mengapresi­asi kemenangan perelinya. “Ini menjadi akhir pekan yang luar biasa. Satu-satunya yang masih mengganggu pikiran kami adalah masalah pada Esapekka Lappi yang mengharusk­an ia di podium 3. Jika tidak, bisa saja dia di podium yang lebih baik,” aku Tommi Makinen, Pimpinan Tim Toyota Gazoo Racing WRC.

Podium ganda yang diraih Toyota Gazoo Racing bisa memperbaik­i posisi mereka di klasemen sementara pabrikan. Mereka menyusul Hyundai Shell Mobis WRT yang masih bercokol di klasemen sementara dengan total 254 point.

Nah, uniknya dari 9 ronde yang sudah digelar di WRC musim ini ada 3 nama yang sama-sama sudah meraih 3 kemenangan dari 3 pabrikan perbeda. Mereka adalah Thierry Neuville (Hyundai Shell Mobis WRT), Sebastien Ogier (M-sport Ford WRT), dan Ott Tanak. •

 ?? FOTO : TGR DAM ??
FOTO : TGR DAM
 ??  ?? Tommi Makinen senang saat Toyota meraih kemenangan pertamanya dalam sejarah WRC Jerman
Tommi Makinen senang saat Toyota meraih kemenangan pertamanya dalam sejarah WRC Jerman

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia