Otomotif

PDEANRAIMN­TEALANYGU BARU

-

Seperti yang sudah banyak diberitaka­n, tim bikinan Sepang Internatio­nal Circuit (SIC) dengan nama SIC Racing Team akan masuk Motogp tahun depan. Meski tim baru, namun situasi dan kondisi tim ini sudah setengah matang.

Kenapa? Mereka akan menggunaka­n motor Yamaha YZR-M1 yang ditinggalk­an Yamaha Tech3 untuk ke KTM tahun depan. Serta kemungkina­n akan menggunaka­n motor milik Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang digunakan tahun ini.

Dari segi riset motor, terbilang sudah lebih matang karena Yamaha termasuk motor yang sudah siap kompetisi. Dari sisi timnya pun demikian, SIC Yamaha Motogp mengakuisi­si entrant milik Angel Nieto Aspar Racing Team.

“Makanya nanti saya jadi Pimpinan Tim, Jorge Marinez (Aspar) jadi Penasehat Utama. Skuat tim mekaniknya pun berasal dari tim Aspar dan Marc VDS yang sedang memiliki masalah pada keuangan,” ujar Dato’ Razlan Razali, selaku CEO dari SIC kepada OTOMOTIF.

Pria ramah ini belum membeberka­n siapa sponsor utama dari timnya dan nama-nama pembalapny­a. “Akan diumumkan secara resmi oleh SIC sebelum Motogp Inggris di sirkuit Silverston­e. Namun nama kedua pembalapny­a bisa kami pastikan,” ungkap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motogp.

“Franco Morbidelli akan jadi pilihan utama karena dia juara dunia (Moto2) dan sangat berbakat di musim debutnya. Rekan setimnya adalah Fabio Quartararo. Ia sempat agak kesulitan di awal musimnya, namun tidak menyerah dan akhirnya meraih kemenangan di Moto2 dengan sasis yang tidak biasa (Speed Up) di usia yang masih 19 tahun. Mereka akan menjadi aset yang berharga bagi tim satelit Yamaha,” tambah Jarvis.

Kepastian pembalap memang sudah terisyarat sejak wawancara eksklusif OTOMOTIF dengan Dato’ Razlan. Dia mengingink­an pembalap yang masih sangat muda dan berbakat untuk sama-sama belajar dengan timnya.

“Sponsor kami pun mengingink­an pembalap Eropa karena mengejar prestasi di tahun pertama. Namun tidak menutup kemungkina­n untuk menerima pembalap Asia atau Malaysia di tim kami kelak,” ulas pria yang gemar berolahrag­a ini.

Kemungkina­n besar, perusahaan yang akan menjadi sponsor utama dari SIC Yamaha Motogp adalah Petronas. Perusahaan minyak asal Malaysia ini memang sangat rajin mendukung ajang balap dengan menjadi sponsor utama seperti Mercedes AMG Petronas Motorsport di F1.

Lalu di kancah balap motor, ada Petronas Sprinta Racing di Moto3. Bukan tidak mungkin Petronas akan kembali menjadi sponsor utama di SIC Yamaha Motogp. •

 ?? RANDY ??
RANDY
 ?? MARC VDS ?? Morbidelli dibidik menjadi pembalap utama SIC Yamaha Motogp tahun depan
MARC VDS Morbidelli dibidik menjadi pembalap utama SIC Yamaha Motogp tahun depan
 ?? SPED UP FACTORY ?? Masih berusia 19 tahun dan haus akan prestasi, jadi alasan Quartararo dibidik untuk ke Motogp tahun depan
SPED UP FACTORY Masih berusia 19 tahun dan haus akan prestasi, jadi alasan Quartararo dibidik untuk ke Motogp tahun depan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia