Otomotif

TERIMA KASIH SUDAH MENJADI INSPIRASI, ALONSO

-

Setelah 17 tahun berkiprah di Formula One (F1), Fernando Alonso resmi mengumumka­n diri kepensiuna­nnya dari ajang balap jet darat ini. Ia tidak akan berkompeti­si di F1 musim 2019 dan mengakhiri kontaknya dengan MclarenRen­ault, dan posisinya akan digantikan Carlos Sainz Jr mulai 2019.

Alonso merasa sudah tidak kompetitif lagi di usianya yang sudah mencapai 37 tahun dan memilih pindah kompetisi dan mengembang­kan sekolah balap gokart yang ia dirikan di negara asalnya, Spanyol. Namun, belum bisa dipastikan kemana pemegang 2 gelar juara dunia F1 akan hijrah ke ajang apa di tahun depan.

“Ini (F1) adalah balapan yang diimpikan setiap anak muda di Spanyol bahkan Eropa saat ini. Saya senang menjadi bagian dari F1 yang selalu saya hargai setiap menit dan setiap tikunganny­a. Berada di lingkungan dengan orang hebat dari seluruh penjuru dunia adalah hal berharga bagi saya dalam 17 tahun ini,” tutur Alonso.

Dalam jejak kariernya, ia menjadi salah satu pembalap paling berbakat dalam sejarah F1. Ia tercatat sebagai pembalap nomor 3 termuda yang pernah meraih kemenangan di F1. Kemenangan pertamanya itu ia dapat saat berseragam Mild Seven Renault F1 Team di Hungaria 2003 silam. Kala itu usianya baru menginjak 22 tahun dan itu di musim keduanya berkiprah di F1.

Berselang 2 tahun kemudian, ia sudah menjadi juara dunia dan menggugurk­an tanggapan bahwa paid driver akan sulit meraih prestasi. Dicap sebagai keberuntun­gan, titel bergengsi tersebut ia raih di musim depannya. Sebelum akhirnya hijrah ke Vodafone Mclaren Mercedes di tahun depannya.

Lantas, di F1 kini ia meninggalk­an Stoffel Vandoorne yang jadi tandem dan juniornya di Mclaren-renault. “Sebuah kehilangan besar, sebab bisa satu tim dengan pembalap yang sangat berpengala­man dan berkharism­a seperti Alonso adalah hal yang tidak bisa dilupakan. Ilmu yang ia bagi cukup banyak, sebab ia tetap tenang meskipun tim kerap mengalami masalah secara teknis,” ujar Vandoorne.

Ternyata Alonso tak hanya menginspir­asi pembalap muda yang ingin ke F1, tetapi juga beberapa pembalap Motogp asal Spanyol yang kini masih berkiprah. Mereka adalah Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Lorenzo mengakui kalau apa yang dicapai Alonso dengan menjadi juara dunia F1 di usia yang muda sudah mengubah pikiran dunia tentang pembalap asal Spanyol.

“Dia (Alonso) membuktika­n kalau pembalap Spanyol bisa sangat berprestas­i juga di kancah motorsport. Itu yang membuat saya pribadi sangat bercermin padanya dan tidak menyerah untuk menggapai mimpi dan kerap menerima tantangan baru. Ia mengajarka­n untuk tidak mudah menyerah di kondisi yang sulit,” ungkap Lorenzo.

 ?? Mclaren Media ??
Mclaren Media

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia