Otomotif

INDONESIA JUARA

-

Agustus 2018, menjadi bulan yang sangat membanggak­an bagi Indonesia. Pada bulan ini, gelaran akbar Asian Games dibuka dengan sangat meriah. Tak berselang lama beberapa atlet Indonesia mulai menyumbang­kan medali emas dan perak. Selain itu, di bidang motorsport, pembalap Indonesia juga mengukir prestasi.

Ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2018 dari Thailand ke Kamboja yang diikuti juga menorehkan prestasi (12-18/8). Tim bernama JNE Furukawa Battery Indonesia Rally Team ini beranggota­kan Irma Ferdiana, Ayu Windari (motor), Memen Harianto ( driver), Lody Natasha dan Rimhalsyah ( co-driver).

Selama berjuang dalam event tersebut, perjalanan tak bisa dikatakan mulus-mulus saja. Berbagai rintangan, baik teknis dan non teknis kerap dijumpai.

Saat awal-awal lomba, mobil Jeep Cherokee yang diisi oleh Memen,

Rimhalsyah dan Lody terkendala pada mounting sokbreker sehingga agak menghambat. Namun, kendala tersebut bisa diatasi dan kembali siap berlomba. “Sempat tercecer jauh juga. Tapi sudah diatasi dengan las ulang, diperbaiki semuanya. Kita siapkan semua secara maksimal lagi,” sebut Memen. Sementara itu, Ayu Windari yang pakai motor Husaberg FE250 sempat tersesat ketika melaju di SS2 (14/8). Pada SS terpanjang dalam lomba ini, kerusakan pada odometer motor Ayu cukup merugikan dirinya dan juga tim. Namun, dengan kendala-kendala yang kerap menghantui, tak menyurutka­n semangat para peserta asal Indonesia. Beberapa hari menjelang usai, Ayu dan Irma yang pakai KTM Exc250 2 T kembali menemukan ritme ridingnya. Sehingga mampu mengejar ketertingg­alan yang ada dan bergabung dengan grup terdepan dalam percatatan total waktu tempuh. Pada hari terakhir lomba (18/8) jadi SS paling pendek, karena hanya berjarak 23 km saja. Irma start dari posisi 16 dan finish di posisi 12 dengan waktu 31 menit 24 detik. Sementara Ayu start dari posisi 18 dan finish tepat di belakang Irma.

Berdasar pengumpula­n catatan waktu, kedua srikandi Indonesia ini berada di posisi 1 dan 2 untuk kelas wanita. Total waktu Irma 22 jam 57 menit 15 detik. Sedangkan Ayu 23 jam 41 menit 12 detik. Di kelasnya, duo wanita asal Jember, Jatim ini tentu akan menjadi perhitunga­n saat gelaran tahun depan.

Untuk kelas mobil, Memen, Rimhalsyah dan Lody memang belum meraih podium. Tapi di kerasnya lomba tersebut, menjadi finisher juga merupakan perjuangan yang sangat berat.

Kemenangan ini tentu merupakan kado terindah untuk Indonesia.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia