Otomotif

TETAP PAKAI KURSI, BUKAN RANJANG

- • SGT, Harryt

Infrastrut­ur jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera yang kian bagus, meningkatk­an okupansi jasa angkutan bus. Bahkan kini mulai banyak Perusahaan Otobus (PO) yang menyuguhka­n layanan luxury bus. Bahkan sempat mencuat tren sleeper bus yang menggunaka­n konfiguras­i tempat tidur, bukan lagi kursi layaknya bus.

“Kami optimis infrastruk­tur jalan yang membaik meningkatk­an minat masyarakat untuk naik bus. Terlebih saat ini banyak PO bus yang menyediaka­n layanan luxury bus. Dengan akses jalan tol yang terintegra­si, maka waktu tempuh bisa terukur, tak kalah dengan kereta api,” bilang Kurnia Lesani Adnan, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Indonesia (IPOMI).

Masih menurut pria yang akrab disapa Sani ini, sekarang juga cukup banyak PO bus yang punya luxury bus bertingkat alias double decker. “Iya bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) makin banyak yang pakai double decker,” sambung Sani, yang juga sebagai Direktur PO Putera Mulya Sejahtera.

Nah, definisi luxury bus menurut Sani diperboleh­kan tetap menggunaka­n kursi, bukan ranjang layaknya sleeper bus. “Regulasi soal sleeper bus memang belum ada yang mengatur soal penggunaan ranjang tidur di bus. Jadi yang dibolehkan adalah tetap pakai kursi, bukan ranjang,” katanya lagi.

Ia menggarisb­awahi, konsep sleeper bus seperti yang pernah viral pada 2016 tak diizinkan beroperasi. “Dulu pernah ada PO Brilian sepenuhnya pakai ranjang, tak diizinkan beroperasi. Jangan salah kaprah, walau akses jalan tol sudah baik tapi aspek safety harus diperhitun­gkan. Kajiankaji­an jika terjadi kecelakaan, misalnya bus terbalik-bagaimana nasib penumpang? Kan mesti diperhitun­gkan,” ungkap Sani.

Lalu bagaimana dengan PO bus di Aceh dan Makassar yang juga punya konsep sleeper bus? “Mereka pakai kursi, bukan ranjang ataupun kasur. Jadi aturannya memang yang dibolehkan pakai kursi,” jawab Sani yang mewadahi 37 PO bus seluruh Indonesia.

 ?? FOTO: SIGIT, Haryt ??
FOTO: SIGIT, Haryt

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia