Otomotif

SCRAMBLER PAKDOSEN

- • Fajrin

Herwin Suprijono yang seorang dosen di salah satu Perguruan Tinggi swasta di Semarang, Jawa Tengah bosan dengan tampilan standar Honda Verza yang dimilikiny­a sejak 2014. “Makanya saya ingin ubah ke ranah custom culture,” buka Herwin.

Prosesnya diserahkan pada Kamsesa Garage (KG) yang bermarkas di Jl. Beruang Raya 7, Gayamsari, Semarang. Dan setelah diskusi, diputuskan konsep yang diterapkan scrambler.

Ubahan diawali melucuti semua bodi asli, kemudian bikin tangki yang menyerupai Yamaha SR400. “Pada bagian sub frame pastinya mendapat sedikit ubahan, serta membuat single seat berbalut kulit sintetis, supaya lebih padat dan tetap nyaman dipakai harian,” terang Eko Wahyono, punggawa KG.

Lalu lihat bagian depan, suspensi jadi mengadopsi upside down Two Brother yang dipandu setang fatbar. “Sengaja untuk menyesuaik­an konsep scrambler yang wajib kekar,” beber Eko Beruang, sapaan akrabnya.

Kaki belakang tak kalah kekar, setelah pakai suspensi bertabung Ride-it yang mengawal lengan ayun kotak copotan Honda Tiger. Dan roh scrambler makin kuat setelah dipasang ban dual purpose Shinko tipe E804 yang membalut pelek jarijari TK Japan.

Menambahka­n detail scrambler, terdapat skid plate di bawah mesin dan rak custom di belakang single seat untuk mengikat barang bawaan ketika riding jauh. Sedang di bawah jok dibuatkan panel custom mirip segitiga yang dicat serupa tangki, perpaduan abu-abu muda dengan aksen putih karya E’custom Paint Semarang.

Terakhir ganti knalpot, sayang bukan khas scrambler yang leher melintang ke samping dengan silencer di atas. Tapi knalpot custom karya tim KG dengan model standar di bawah.

Mungkin biar celana pak dosen saat akan mengajar tetap aman ya?

 ??  ?? Single seat berkulit sintetis, nyaman diduduki
Single seat berkulit sintetis, nyaman diduduki
 ?? Foto : Fajrin ??
Foto : Fajrin
 ??  ?? Lampu percayakan Daymaker 7 inci
Lampu percayakan Daymaker 7 inci
 ??  ??
 ?? istimewa ?? Sokbreker belakang diganti model tabung jadi lebih kekar
istimewa Sokbreker belakang diganti model tabung jadi lebih kekar
 ??  ?? Knalpot custom dijejalkan, sayang bukan khas scrambler
Knalpot custom dijejalkan, sayang bukan khas scrambler

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia