Otomotif

PERAWATAN

-

Disc brake sangat perlu dirawat agar lebih tahan lama. Langkah perawatan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut: 1: Bersihkan Pakai Disc Cleaner

Menjaga disc brake tetap bersih adalah salah satu cara merawat yang dianjurkan, karena kotoran yang menempel pada piringan akan membuat kinerja menjadi tidak optimal.

Bersihkan piringan dengan menggunaka­n pembersih khusus atau disc cleaner, untuk menghilang­kan kotoran dan kerak yang menempel pada cakram. Hal ini bertujuan agar pengereman bisa maksimal dan pengguna juga akan terhindar dari kecelakaan. 2: Perhatikan Minyak Rem

Tingkat minyak rem yang berkurang sangat mempengaru­hi pengereman. Lakukan penggantia­n minyak rem secara berkala agar rem selalu dalam kondisi optimal. Selalu periksa juga jumlah minyak rem, tambahkan jika minyak rem berkurang.

Pasalnya, kinerja rem ini sangat mengandalk­an piston yang berada di pada master rem. Master rem bertugas mendorong minyak menuju piston di kaliper yang kemudian kampasnya akan mencengker­am piringan.

“Sedangkan ampuh tidaknya piston dalam menjalanka­n tugas tergantung kinerja pompa hidrolik mengalirka­n minyak rem. Bila ternyata saluran minyak tersumbat karena minyak kotor atau telah encer karena tercemar oleh bakteri atau zat lain yang bersenyawa dengan minyak, maka kinerja piston juga terganggu,” ungkap Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT. Astra Honda Motor. 3: Ganti Kampas Rem yang Sudah Aus

Proses pengereman dengan rem cakram tidak lepas dari kinerja kampas rem. Kampas rem menjadi part yang paling cepat habis, karena selalu mengalami gesekan dengan piringan.

“Kondisi kampas rem yang aus atau sudah habis, akan membuat pengereman tidak optimal dan dapat membahayak­an pengguna motor. Maka dari itu perlu mengganti kampas rem yang sudah habis dengan kampas rem baru,” wanti Andre mekanik Kawasaki Gunung Slamet, Pecenongan, Jakarta Pusat.

 ??  ?? 1
1
 ??  ?? 2
2
 ??  ?? 3
3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia