Otomotif

PENDINGINA­N CAKRAM

-

Akhir-akhir ini di dunia balap Indonesia sedang ramai adanya pendingina­n, tidak hanya di mesin tapi pada bagian pengereman. Yang sudah membuatnya adalah Yohannes Sirait punggawa dari MM Customs yang berada di Duren Sawit, Jaktim.

“Air scoop ini ada juga dapet dari masukan para pembalap seperti Rey Ratukore. Terutama di pasar senggol kan banyak banget hard brake, biasanya di lap-lap akhir kondisi rem mulai lemes. Jadi tugas dari air scoop ini untuk ngarahin angin langsung ke kaliper, gak peduli bentuk deh yang penting fungsinya, hahahaa…” ujar Bang Ucok sapaannya.

Air scoop buatannya ini dibuat dari bahan fiberglass dengan sebuah alasan. “Sebenarnya bisa saja dibikin dari aluminium, tapi akan bahaya ketika crash karena keras dan tajam. Kalau dari fiber kan saat crash paling pecah,” tambahnya.

Karena bentuknya yang simpel, air scoop ini pun memasangny­a juga sangat mudah, hanya diikat menggunaka­n dua buah cable ties saja. Terdapat 2 model yaitu untuk 150 cc yang kecil dan 250 cc dengan dimensi yang lebih besar.

“Pakai air scoop ini memang bikin suhu di kaliper jadi lebih dingin, akibat angin yang langsung difokuskan ke kepala babi, jadi lumayan membantu lah,” sahut Freddy yang juga menggunaka­n air scoop ini di motor balapnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia