Otomotif

UPGRADE INTERIOR

TOYOTA ALPHARD & VELLFIRE

-

Di antara ratusan mobil yang didisplay di ajang Gaikindo Indonesia Internatio­nal Motor Show (GIIAS) 2018 lalu, ada Toyota Alphard dan Vellfire yang cukup mencuri perhatian. Namun bukan yang dipajang di booth Toyota loh. Dua MPV premium ini menjadi primadona pameran di booth Lombardi Auto Indonesia.

Lombardi Auto Indonesia adalah perusahaan spesialisa­si custom interior, utamanya untuk mobil-mobil premium seperti Toyota Alphard dan Vellfire. “Di ajang GIIAS 2018, kami ingin menunjukka­n kemampuan sebagai interior conversion specialist, yang konsepnya membuat penumpang merasakan kabin yang lebih mewah dengan fitur lengkap,” kata Andrew Laksana, owner Lombardi Auto Indonesia.

Ada dua versi custom interior yang ditawarkan Lombardi, yakni RSE atau Rear Seat Entertainm­ent dan Allegra. RSE didesain untuk memaksimal­kan kenyamanan dan penampilan elegan pada kabin belakang, namun tanpa mengorbank­an akomodasi 5 penumpang.

RSE ditawarkan dalam dua paket, yakni paket Advanced dan paket Basic. Paket Basic sebenarnya sudah memiliki 8 kelengkapa­n unggulan yakni, Apple TV dan digital TV yang motorized, cabin control with screen, motorized glass with magic window, ambient light, charging port, USB root, wireless charging dan intercom.

Sedangkan paket Advanced, memiliki semua kelengkapa­n paket Basic dan ditambah lagi dengan coat hanger di pintu belakang, high end audio system serta konsol game Sony Playstatio­n 4.

Wireless charging posisinya berada di tengah jok baris kedua. Cukup letakkan smartphone dan secara otomatis baterai akan terisi ulang.

“Untuk sistem wireless charging, kami pakai yang versi terbaru. Yaitu yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone IOS atau Android yang ada di Q System,” jelas Andrew Laksana.

Salah satu fitur yang menjaga privasi di kabin belakang adalah cabin control with screen. Ini semacam penyekat dari kaca untuk pembatas antara driver dan kabin belakang.

Masih kata Andrew, untuk Lombardi RSE, fitur magic window RSE kini lebih elegan, “Karena kaca film sudah ditanam dalam tempered glass. Jadi, transisi ke kaca privasi, jauh lebih smooth,” tambahnya. Fitur magic window ini mampu mengatur kegelapan kaca film hingga tak kondisi kabin tak bisa dilihat dari luar mobil.

Di ajang GIIAS 2018 juga, Lombardi mengupdate informasi mengenai perbedaan antara prototipe yang pernah dilansir sebelumnya dengan produksi terkininya.

Kini beberapa bagian panel dilapis bahan soft touch dengan penambahan beludru yang halus dan intercom yang diubah posisinya.

“Sebelumnya intercom dipasang di bagian atas (plafon), kini dipindah ke samping, agar kalau berkomunik­asi dengan driver tak perlu menengadah,” kekeh Andrew.

PROSES PENGERJAAN

Untuk modifikasi interior ala Lombardi RSE ini syaratnya mesti memakai mobil Toyota Alphard dan Vellfire tipe G produksi tahun 2015 ke atas.

Biaya modifikasi interior Alphard dan Vellfire ala Lombardi RSE, disebutkan sekitar Rp 215 juta (tipe Basic) dan Rp 265 juta (tipe Advanced). Kalau termasuk mobil, ditawarkan Rp 1,3 miliar.

Bicara proses pengerjaan modifikasi, bisa dikerjakan sekitar satu atau dua minggu saja. Ornamen standar interior mobil bawaan pabrik dicopot dan disimpan, digantikan komponen dari Lombardi.

“Kalau mau dikembalik­an ke semula, hanya memakan waktu 2 hari. Kami juga berikan layanan after sales, seperti garansi 2 tahun, termasuk untuk perawatan,” kata Andrew lagi. • Rendy

 ?? adit - gridoto ??
adit - gridoto
 ??  ?? Ada sekat kaca yang membatasi antara kabin depan dan belakang
Ada sekat kaca yang membatasi antara kabin depan dan belakang
 ??  ?? Konsol game Sony Playstatio­n untuk tipe Advanced
Konsol game Sony Playstatio­n untuk tipe Advanced
 ?? foto : rendy ?? Wireless charging untuk mengisi baterai smartphone
foto : rendy Wireless charging untuk mengisi baterai smartphone
 ??  ?? Didesain untuk 5 penumpang
Didesain untuk 5 penumpang
 ??  ?? Ada panel layar sentuh untuk mengatur turun naik kaca sekat dengan driver
Ada panel layar sentuh untuk mengatur turun naik kaca sekat dengan driver
 ??  ?? Meja bisa dilipat untuk beri akses ke baris belakang
Meja bisa dilipat untuk beri akses ke baris belakang

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia