Otomotif

MENARA QUTUB

-

Lebih dikenal sebagai negeri Hidustani dengan mayoritas penduduk beragam Hindu, bahkan di setiap sudut terlihat berbagai kuil yang bisa kita jumpai. Namun, ada hal yang menarik dan tidak banyak orang mengetahui bahwa selama ratusan tahun India dikuasai oleh Sultan Islam dari berbagai dinasti. Hal ini terlihat dari berdirinya Qutub Minar sebagai tanda kekuasaan Sultan Qutab-ud-din Aibak.

Menara ini merupakan menara yang paling tinggi di India. Mencapai 72,5 menter dan mempunyai 379 anak tangga untuk bisa mencapai puncaknya. Menara ini sangat indah karena dihiasi dengan ukiran- ukiran kaligrafi Arab.

Di dalam kompleknya, ada peninggala­n sejarah lain yang juga sangat menarik, yaitu Masjid Quwwat-ul-islam dan Iron Pillar atau Pilar Besi. Masjid Quwwatul-islam adalah masjid tertua di Delhi setelah Islam menguasai India. Pembanguna­nnya sendiri dimulai satu tahun setelah pembanguna­n Qutub Minar. Masjid ini juga sering disebut Masjid Jami’, Masjid Qutub, atau Masjid Besar Delhi.

Sebenarnya Qutub Minar merupakan menara dari Masjid Quwwat-ul-islam, yang digunakan oleh muazin untuk mengumanda­ngkan azan. Namun, kedua bangunan tersebut seolah-olah jadi dua bangunan yang berbeda. Mungkin karena menara Qutub sangat besar dan tinggi sehingga seperti menjadi bangunan tersendiri.

 ??  ?? Qutub Minar Bukti Kekuasaan Kerajaan Islam
Qutub Minar Bukti Kekuasaan Kerajaan Islam

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia