Otomotif

LIGHTER ERTIGA TIDAK BERFUNGSI

-

Hallo Mas Andhika, mau nanya nih. Beberapa waktu lalu, colokan lighter mobil Suzuki Ertiga GX 2014 saya mendadak tidak bisa digunakan untuk mencharge handphone. Itu karena ada kabel yang putus atau sekringnya yang putus? Kalau karena sekring, posisi sekringnya dimana dan berapa ampere speknya?

Sakian dulu pertanyaan dari saya, atas jawabannya saya ucapkan banyak terimakasi­h. Terus jaya OTOMOTIF!

Rinto - Jakarta, via email

Hallo juga Rinto, salam kenal dari kami ya. Oke, soal permasalah colokan lighter Ertiga Anda yang medadak tidak bisa digunakan, ada kemungkina­n sekringnya yang putus. Posisi sekring tersebut berada di bawah dasbor dekat pedal gas. Untuk mengecekny­a, Anda mesti sedikit ngolong di bawah setir, hehehe..

Nanti di sana Anda akan ketemu kotak sekring berwarna hitam, yang di permukaann­ya tertera berbagai posisi sekring dan besarannya. Tarik penutup berwarna hitam tersebut, maka akan terlihat deretan sekringnya. Nah, sekring untuk lighter yang posisi di tutupnya bertuliska­n ACC2, dengan besaran 15 Ampere.

Jadi, posisi sekring yang mesti Anda cabut dan diganti baru itu, yang letaknya tertera bertuliska­n ACC2 di kotaknya. Oh iya, untuk memudahkan dalam melepas sekringnya, Anda bisa manfaatkan tool khusus buat buka sekring, yang ada di balik kotak sekring di ruang mesin.

Di balik tutup kotak sekring di ruang mesin tersebut juga tersedia sekring cadangan. Isinya terdiri dari beberapa ukuran arus, mulai dari 7,5 A, 10 A, 15 A, 20A dan 30. Nah, sesuaikan spek sekringnya ya untuk mengganti sekring yang putus tadi. Selamat mencoba!

 ?? DOK.OTOMOTIF ??
DOK.OTOMOTIF
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia