Otomotif

ANTISIPASI PEMAKAIAN BIODIESEL B20

-

Ada sedikit kekhawatir­an tentang biodiesel B20 akan mengganggu performa dari mesin diesel commonrail. Kekhawatir­an tersebut dilatar-belakangi bahwa hampir sebagian besar SUV dan pick-up double cabin yang beredar di Indonesia, kini sudah menggunaka­n mesin berteknolo­gi common-rail.

Menurut Dealer Technical Support Department PT. Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, biodiesel B20 masih aman digunakan untuk mesin diesel common-rail Toyota, meski ada catatan khusus. “Sesuai buku manual, jika menggunaka­n biodiesel dengan kandungan lebih dari lima persen, maka interval penggantia­n filter solar dipercepat,” ujar Didi.

Hal tersebut dikarenaka­n sifat dasar biodiesel yang mampu melarutkan kotoran di tangki dan saluran bahan bakar. “Jadi seperti efek deterjen yang akan melarutkan kotoran pada tangki dan saluran bahan bakar, sehingga diharapkan penggantia­n filter solar dipercepat,” tambah Didi.

Hal yang sama juga direkomend­asikan untuk pemilik Mitsubishi yang menggunaka­n mesin diesel common-rail. “Penggunaan biodiesel B20 masih aman untuk mesin diesel common-rail Mitsubishi, meski kami merekomend­asikan untuk mengganti filter solarnya lebih cepat,” sahut Rahmat Widodo, Kepala Bengkel Mitsubishi Lautan Berlian Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Masih kata Rahmat, interval penggantia­n filter solar dipercepat sebagai langkah antisipati­f untuk penggunaan biodiesel B20.

 ??  ??
 ??  ?? Per 1 September kemarin, sudah diberlakuk­an solar B20 di semua SPBU
Per 1 September kemarin, sudah diberlakuk­an solar B20 di semua SPBU
 ??  ?? Pemerintah memberlaku­kan solar B20, setelah riset panjang
Pemerintah memberlaku­kan solar B20, setelah riset panjang
 ?? foto: randy ?? Bio solar B20, sebenarnya sudah diuji coba dari 3 tahun yang lalu
foto: randy Bio solar B20, sebenarnya sudah diuji coba dari 3 tahun yang lalu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia