Otomotif

New Jeep Compass

Spyshot

-

Secara tidak sengaja OTOMOTIF, mengangkap kemunculan SUV Jeep terbaru. Sosoknya mirip sekali dengan Jeep Grand Cherokee terbaru, namun dimensinya lebih kecil. Karena penasaran, kami pun membuntuti mobil ini sejenak. Saat itu kami sedang melintas di daerah Warung Buncit, Jaksel.

Dari hasil pantauan, rupanya ini sosok Jeep Compass terbaru. Rasa penasaran terjawab setelah melihat emblem Compass yang cukup besar tertera di pintu depan. Oh iya, terlihat pengemudin­ya menggunaka­n attribute berlogo Jeep, dan semua jok masih terbungkus plastik. Apakah ini pertanda Compass akan segera meluncur di Tanah Air?

Kembali ke SUV medium milik Jeep yang tertangkap oleh kami ini. New Compass terbaru memiliki desain yang jauh lebih menarik. Tidak seperti desain generasi pertamanya, yang punya wujud cukup aneh buat sosok SUV Jeep. Tampaknya, Jeep tak mau mengulang kesalahann­ya untuk kedua kalinya. DNA Compass pertama pun benarbenar ditinggalk­an.

Kali ini sosoknya lebih maskulin dan tetap kharismati­k, dengan mengambil DNA Grand Cherokee terbaru. Baik tampilanny­a dari belakang maupun depan sangat mirip. Apalagi kalau melihat dari depan, gril dan lampunya sangat khas dengan Grand Cherokee. Untuk lampu belakangny­a, Compass sedikit lebih dinamis ketimbang Grand Cherokee yang cenderung kotak. Kaca di pilar C dan bentuk fender kotaknya masih mencirikan Compass sebelumnya.

Menurut info yang kami telusuri, New Compass ini mengambil platform dari Jeep Renegade. Menggantik­an generasi pertama Compass dan Jeep Patriot, yang sebelumnya tidak begitu diminati. Kalau dilihat dari emblem di pintu belakang paling bawah sebelah kanan, jenis Compass yang terlihat ini tipe Longitude.

Tipe ini memang bukan varian tertinggi, tapi juga tidak bukan terendah. Pada bagian pelek tampak menggunaka­n alloy berpalang lima dengan kelir silver, sepintas ukurannya 17 inci. Mobilnya tampak jangkung karena sudah pakai flare fender berkelir hitam yang seolah menyatu ke seluruh bodi bagian bawah.

Melihat dari situs resminya, untuk mesin kemungkina­n Compass akan menggunaka­n mesin 1.400 cc, basisnya mesin yang sama seperti Jeep Renegade. Mesin ini produksi Fiat, Menggunaka­n tekhnologi FIRE (Fully Integrated Robotised Engine) Multiair Turbo. Secara data mesin ini mengeluark­an data 167 dk dan torsi 250 Nm. Dengan transmisi otomatis 7 speed penggerak depan.

Rasanya New Compass akan siap bertarung di pasar medium SUV, akan bertarung dengan Honda CR-V, Hyundai Tucson atau DFSK 580. Kita tunggu saja kabar selanjutny­a.• Rindra

 ??  ??
 ??  ?? bimo ss Foto:
bimo ss Foto:
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia