Otomotif

Yamaha MX King 150 Baru

Pasang Cover Cakram di Honda CRF150L

-

Bagi Anda pemilik Honda CRF150L yang suka trabasan atau main tanah, wajib banget pasang cover cakram. Pemasangan peranti yang satu ini akan melindungi piringan rem depan dari tanah atau saat terbentur benda keras.

“Selain itu, dengan memasang cover disc brake, kinerja rem jadi lebih optimal karena kotoran tak langsung menempel. Jadi akan lebih pede saat melewati medan berlumpur,” ujar Hasan dari toko Aneka Jaya, spesialis aksesori motorcross.

Hasan memasang cover merek Gordon milik Kawasaki KLX150 seharga Rp 150 ribu pada CRF150L miliknya. Meski begitu, untuk terpasang rapi pada roda depan CRF harus ada penyesuaia­n.

“Untuk pemasangan­nya harus ada yang dipotong, tidak bisa langsung masuk. Dipotong pada bagian yang mepet dengan sok

foto: rangga , istimewa

depan, biar enggak mentok sok,” terang Hasan.

Saat pemasangan, as roda depan perlu dilepas, kemudian cover bisa diselipkan masuk. Bagian yang dipotong pada sisi atas ( Gbr.1). Agar tidak mentok ke cover sok depan ( Gbr.2). Kemudian tinggal kencangkan pakai tiga buah baut.

Hasan juga menyebutka­n, cover untuk motor lain juga bisa dipasang meskipun ada penyesuaia­n,

Oyang penting diameter cakramnya sama. Seperti punya KTM juga bisa, tapi harganya jauh lebih mahal. Oh iya, cakram depan milik CRF150L berukuran 240 mm dengan tipe wavy disc.

Di pasaran tersedia beberapa cover yang kebanyakan merek premium dengan harga lumayan, seperti spidometer­nya, nah jelas banget persis New Exciter 150, kembaran MX King di Vietnam yang sudah duluan diperkenal­kan. Bentuk spidometer­nya jadi mengotak, dan isinya sudah full digital.

Perubahan lain memang belum terlihat jelas, tapi jika berkaca dari Exciter, ubahan lain meliputi pelebaran ukuran ban depan, ada tombol passing, lampu utama jadi LED dan lebih sipit, dan ada tombol engine cut off. Jadi bisa dibilang ini sebuah minor change.

Untuk lebih jelasnya, tunggu terus bocoran yang didapat OTOMOTIF sampai nanti jelang peluncuran­nya, yang kabarnya di IMOS 2018 yang berlangsun­g 31 Oktober-4 November.• Fariz mau menunggu yang khusus atau pasang yang ada saat ini? Apabila tertarik, Anda dapat menyambang­i toko Aneka Jaya yang terletak di Jl. Kebon Jeruk III No. 2, Sawah Besar Kota, Jakarta Barat. • Rangga

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia